Amanullah, Salma (2024) Pembuatan e-Magazine zat adiktif berorientasi literasi kimia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Cover.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (444kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (517kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) |
Abstract
Zat adiktif semakin banyak disalahgunakan oleh kalangan remaja. Selain itu, rendahnya kemampuan literasi kimia pada remaja indonesia mengakibatkan perlu dibuatnya media pembelajaran yang dapat meningkatkan literasi kimia dengan materi zat adiktif agar kenaikan prevalensi penyalahgunaan zat adiktif dapat dikurangi, bahkan dihilangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan, analisis hasil uji validasi, analisis hasil uji kelayakan, dan mendeskripsikan tampilan e-magazine zat adiktif berorientasi literasi kimia. Penelitian ini menggunakan metode research & development (R&D). Produk yang dihasilkan berupa e-magazine zat adiktif berorientasi literasi kimia dengan nama “Chemyzone”. Instrumen penelitian ini menggunakan flowchart, storyboard, angket uji validasi, dan angket uji kelayakan. Hasil analisis kebutuhan berdasarkan wawancara kepada responden menunjukkan bahwa e-magazine belum tersedia di lapangan sebagai perangkat pembelajaran yang meliputi aspek literasi kimia yaitu pengetahuan, konteks, kompetensi, dan sikap. Uji validasi yang dilakukan oleh tiga validator pada aspek materi, bahasa, dan tampilan menunjukkan hasil rata-rata 3,40; 3,42; 3,38 dengan kategori valid. Uji kelayakan dilakukan oleh 20 orang responden yang merupakan masyarakat dengan rentang usia 17-26 mewakili berbagai level pendidikan. Hasil uji kelayakan pada aspek materi, bahasa, tampilan, dan kemudahan menunjukkan persentase sebesar 98,89%; 97,50%; 95,00%; dan 100,00%. Hal tersebut menunjukkan bahwa e-magazine zat adiktif berorientasi literasi kimia layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-magazine; zat adiktif; literasi kimia |
Subjects: | Chemistry and Allied Science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Salma Novianti Amanullah |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 02:02 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 02:02 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95474 |
Actions (login required)
View Item |