Natasya, Nidya (2024) Perkembangan pendidikan pondok pesantren Imam Bukhari kecamatan Jatinangor pada tahun 2006-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (212kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (26kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) | Request a copy |
Abstract
Pondok pesantren merupakan salah satu media pendidikan ajaran agama Islam yang perkembangannya beragam, termasuk yang bergaya salafi dan modern. Meskipun demikian, tujuan utama pondok pesantren tetap sama, yaitu mencerdaskan bangsa dengan pemahaman ilmu agama Islam yang mendalam. Pondok Pesantren Imam Bukhari di Kecamatan Jatinangor adalah contoh pondok pesantren modern yang tumbuh dan berkembang bersama masyarakat setempat. Kehadirannya memberikan banyak manfaat, terutama dalam bidang pendidikan, keagamaan, dan sosial bagi masyarakat di Kecamatan Jatinangor. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Pertama, bagaimana sejarah berdirinya pondok pesantren Imam Bukhari Jatinangor. Kedua, bagaimana perkembangan pendidikan pondok pesantren Imam Bukhari Jatinangor dari tahun 2006-2022. Berdasarkan rumusan masalah yang ditentukan, maka tujuan adanya penelitian ini yaitu untuk mengetahui sejarah berdirinya pondok pesantren Imam Bukhari Jatinangor, dan perkembangan pendidikan pondok pesantren Imam Bukhari Jatinangor dari tahun 2006-2022. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian sejarah. Dalam metode ini terdapat 4 langkah yang harus dilakukan yaitu heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pondok Pesantren Imam Bukhari yang berada di Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang mengalami perkembangan dalam bidang pendidikan yang signifikan dalam kurun waktu 2006-2022. Perkembangan yang dilalui Pondok Pesantren Imam Bukhari Kecamatan Jatinangor itu dialami pada saat pendirian Pondok Pesantren dilingkungannya sendiri (Independent) yang mana kemudian pada masa inilah banyaknya perkembangan yang berdampak dan menguntungkan pada masyarakat setempat. Faktor kemajuan zaman serta animo masyarakat setempat menjadi pendorong utama perkembangan Pondok Pesantren Imam Bukhari Kecamatan Jatinangor. Selain itu, faktor dedikasi yang tinggi yang dimiliki oleh guru dan pihak pengelola Pondok Pesantren Imam Bukhari Jatinangor menjadi faktor pendukung yang tak kalah penting untuk bertahan dan berdirinya Pondok Pesantren Imam Bukhari Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pondok Pesantren; Jatinangor; Imam Bukhari; Pendidikan; Perkembangan |
Subjects: | Islam Umum Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan Education and Research of History |
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam |
Depositing User: | Nidya Natasya |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 02:25 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 02:25 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95541 |
Actions (login required)
View Item |