Instagram sebagai media dakwah Era Milenial: Studi deskriptif Ppesan dakwah dalam Caption Instagram @felixsiauw Periode Mei-Juli 2017

Ilmi, Dwi Nurul (2018) Instagram sebagai media dakwah Era Milenial: Studi deskriptif Ppesan dakwah dalam Caption Instagram @felixsiauw Periode Mei-Juli 2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (873kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy

Abstract

Di era kemajuan ilmu dan pengetahuan, dakwah dan teknologi tidak bisa dipisahkan. Salah satu produk dari kemajuan teknologi komunikasi adalah media sosial. Adanya media sosial mempermudah manusia untuk saling berbagi informasi. Media sosial yang menjadi favorit masyarakat Indonesia adalah Instagram. Dakwah mulai menggunakan Instagram sebagai media dakwah. Salah satu alasan mengapa dakwah harus menggunakan Instagram adalah agar dakwah bisa diterima oleh semua kalangan terutama remaja masa kini. Dikarenakan media sosial ini media yang populer dikalangan remaja dan dakwah aslinya tidak dipandang sebagai sesuatu yang ketinggalan zaman. Salah satu akun Instagram yang digunakan untuk berdakwah adalah akun Instagram @felixsiauw yang dikelola langsung oleh Felix Siauw. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggambarkan tentang dakwah menggunakan Instagram. Lebih khususnya tujuan penelitian ini untuk mengetahui pesan dakwah, sifat penyampaian pesan dakwah dan isu atau topik yang ada dalam pesan dakwah pada caption Instagram @felixsiauw Periode Mei-Juli 2017. Pada penelitian ini meneliti pesan dakwah sesuai kategori Akidah, Syari’ah dan Akhlak yang dikemukakan oleh Ali Aziz dan Syamsul munir Amin, meneliti Sifat penyampain pesan dakwah menurut Onong dan Hafield, Serta Isu yang ada dalam pesan dakwah menurut Kriyanto. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang digunakan untuk memperoleh keterangan dari isi pesan yang disampaikan oleh media cetak, radio, televisi dan lain-lain (Emzir, 2016:284). Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik analisis dokumentasi . Dimana semua caption Instagram pada bulan Mei-Juli dikumpulkan untuk dianalisis dan kemudian dideskripsikan (Sugiyono, 2013:240). Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi, penyajian data dan pernarikan kesimpulan (Sugiyono, 2013: 244). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pada caption Instagram @felixsiauw Periode Mei-Juli 2017 terdiri 50 pesan dakwah yang berkategori akidah, syari’ah dan akhlak. Dengan jumlah pesan akidah 24 pesan, pesan syari’ah 10 dan pesan akhlak 16 pesan. Sifat penyampaian pesan dakwah yang paling banyak digunakan adalah Persuasif dengan jumlah 21 pesan, Informatif 15 pesan dan instruktif 14 pesan. Pesan dakwah dalam caption Instagram @felixsiauw Bulan Mei-Juli 2017 berisikan isu. Dari 50 pesan dakwah yang terpilih, ada 23 pesan yang berisikan isu. Dari hasil penelitian yang dilakukan bisa diambil kesimpulan bahwa pesan yang paling banyak disampaikan adalah pesan aqidah dan sifat penyampaian yang paling sering digunakan adalah persuasif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Pesan Dakwah; Media Dakwah; Instagram
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Dwi Nurul Ilmi
Date Deposited: 24 May 2018 04:03
Last Modified: 24 May 2018 04:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/9568

Actions (login required)

View Item View Item