Gaya hidup kaum buruh dalam menunjang status sosial: Penelitian deskriptif pada buruh pabrik di desa Karanganyar kecamatan Karang Bahagia kabupaten Bekasi

Lastari, Aprilia Ulan (2024) Gaya hidup kaum buruh dalam menunjang status sosial: Penelitian deskriptif pada buruh pabrik di desa Karanganyar kecamatan Karang Bahagia kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (274kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah karena adanya perkembangan industri yang di dukung oleh pendapatan dan lingkungan kerja yang ada ditengah masyarakat telah memberikan perubahan pada gaya hidup kalangan keluarga yang mayoritas menjadi buruh pabrik di Desa Karanganyar. Tujuan utama penelitian ini yakni untuk mengetahui gaya hidup masyarakat Desa Karanganyar yang bekerja sebagai buruh pabrik, kemudian untuk memahami motivasi di balik tindakan para buruh sehingga mengubah gaya hidupnya, serta untuk mengetahui cara apa saja yang dilakukan buruh dalam memenuhi gaya hidupnya. Penelitian ini menggunakan teori dari Pierre Bourdieu yang mempunyai konsep yaitu dilihat dari kebiasaan dan tindakan individu, serta merujuk pada konsep yang menggambarkan struktur mental atau kognitif yang dimiliki oleh individu. Kemudian teori dari James S. Coleman yang memusatkan perhatiannya pada sistem sosial dan fokus yang ada di dalam individuatau aktor. Menurut teori pilihan rasional, setiap individu memiliki tujuan tertentu dalam setiap tindakannya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data primer menjadi sumber utama dalam penelitian ini yaitu para buruh pabrik yang berada di Desa Karanganyar tokoh masyarakat, dan kepala Desa Karanganyar dan data sekunder dari profil Desa Karanganyar, dokumentasi berupa foto, literatur dan penelitian terdahulu. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara secara langsung dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa gaya hidup kaum buruh pabrik yang ada di Desa Karanganyar bersifat hedonisme hal ini dilatarbelakangi oleh dua faktor. Pertama, faktor pendapatan pokok yang diterima oleh para buruh pabrik tergolong cukup besar. Kedua, lingkungan kerja, hal ini menyebabkan kaum buruh pabrik merubah gaya hidup mereka karena adanya sebuah kebiasaan yang mereka lihat diperusahaan, hal tersebut mendorong kaum buruh pabrik untuk ikut serta dalam mengikuti gaya hidup yang ada di lingkungan perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Gaya hidup; Buruh; Status sosial
Subjects: Socialism and Related Systems
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Aprilia Ulan Lastari
Date Deposited: 04 Sep 2024 01:16
Last Modified: 04 Sep 2024 01:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95699

Actions (login required)

View Item View Item