Integrasi sosial pada kelompok pemberdaya masyarakat: Studi komparasi kelompok 91 dan 93 KKN SISDAMAS 2023 UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Nisha, Nisha (2024) Integrasi sosial pada kelompok pemberdaya masyarakat: Studi komparasi kelompok 91 dan 93 KKN SISDAMAS 2023 UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bermula dari adanya fenomena disintegrasi sosial yang terjadi di kalangan kelompok pemberdaya masyarakat. Disintegrasi sosial ini muncul sebagai akibat dari perbedaan tujuan dan kepentingan yang tidak selaras, serta komunikasi yang buruk antara anggota kelompok. Dalam konteks kelompok pemberdaya masyarakat, sumber daya yang terbatas dan kepemimpinan yang tidak efektif menjadi faktor penghambat upaya kolektif, sehingga berkontribusi pada terjadinya disintegrasi sosial dalam kelompok. Tujuan penelitian ini yaitu untuk dapat mengetahui pola hubungan dan model pembangunan integrasi sosial dalam sebuah kelompok sosial, khususnya kelompok pemberdaya masyarakat. Subjek penelitian ini adalah Kelompok 91 dan 93 KKN SISDAMAS 2023. Penelitian ini menggunakan Teori Integrasi Sosial George C. Homans dan Peter M. Blau yang memusatkan pemikirannya pada pembentukkan integrasi sosial didasarkan pada interaksi sosial dan pertukaran nilai sosial antar individu dengan individu, individu dengan kelompok, kelompok dengan individu, dan kelompok dengan kelompok yang kemudian akhirnya dapat membentuk pola dan model integrasi sosial yang ideal dalam sebuah kelompok sosial masyarakat. Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif menjadi pisau analisis penelitian ini. Dengan metode kualitatif deskriptif, peneliti dapat mendeskripsikan dan menggambarkan fenomena integrasi sosial dalam kelompok sosial dengan lebih mendalam. Didukung adanya studi komparasi untuk memberikan perbandingan diantara dua subjek penelitian. Teknik pengumpulan data meliputi observasi dan wawancara, serta analisi data melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kelompok sosial pemberdaya masyarakat kelompok 91 dan 93 KKN SISDAMAS 2023, terutama dalam hal interaksi sosial dan pertukaran sosial. Kelompok 91 berhasil mengelola SDM dengan baik dan terintegrasi secara harmonis, sedangkan kelompok 93 mengalami kesulitan dalam membangun integrasi sosial karena pengelolaan SDM yang kurang efektif. Pola integrasi sosial kelompok 91 dan 93 didasarkan pada interaksi sosial, pembagian peran, keberagaman, dan sistem nilai, sementara model integrasi sosial mengacu pada penerapan kebijakan dan perumusan program kerja dalam kelompok sosial. Pola integrasi sosial dan model integrasi sosial yang terbangun dalam kelompok 91 dan 93 dapat dibedakan. Kelompok 91 memiliki agenda informal seperti berbincang santai dan menerapkan peran, keberagaman, nilai, moral, serta kebijakan dan perumusan program kerja internal dengan baik, sehingga membangun integrasi sosial yang kuat. Sebaliknya, kelompok 93 mengalami kesulitan dalam membangun integrasi sosial sehingga integrasi yang terbangun tidak sekuat yang dimiliki kelompok 91.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Integrasi Sosial; Pemberdaya Masyarakat; KKN SISDAMAS 2023
Subjects: Ethics of Social Relations
Sociology and Anthropology, Society
Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Research of Social Interaction
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Role
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions within Groups
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions between Groups
Social Process
Social Process > Social Control
Social Process > Social Norms
Social Process > Social Change
Social Process > Conflict Social
Factors Affecting Social Behaviour
Social Groups
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Nisha Nisha
Date Deposited: 04 Sep 2024 03:42
Last Modified: 04 Sep 2024 03:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95823

Actions (login required)

View Item View Item