Nurazizah, Putri Wafiq Nur (2024) Takhrij dan dirasah terhadap hdis-hadis dalam buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMP kelas VII. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (294kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (491kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (770kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) | Request a copy |
Abstract
Buku Ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas VII adalah salahsatu buku ajar yang beredar di sekolah-sekolah khususnya madrasah. Sesuai dengan maklumat Kementerian Agama RI, bahwasannya buku-buku yang di dalamnya terdapat hadis, haruslah hadis tersebut berkualitas ṣaḥīḥ. Demikian hal ini yang menjadi motivasi penulis untuk melakukan penelitian terhadap hadis-hadis yang terdapat pada buku ini. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui sistematika penyusunan, kekurangan dan kelebihan Buku Ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas VII, 2) Mengetahui hadis-hadis dan kualitas hadis dalam Buku Ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas VII. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research). Hadis memiliki otoritas yang tinggi dan berfungsi sebagai panduan dalam memahami ajaran agama dan perilaku etis. Namun, penting untuk melakukan takhrij dari hadis-hadis yang disampaikan untuk mendapatkan pemahaman yang sempurna. Penelitian ini berfokus kepada penelusuran sanad perawi dari hadis-hadis dalam Buku Ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas VII untuk mengidentifikasi keotentikan hadis-hadis yang disampaikan dalam materi pembelajaran. Dengan demikian, kesimpulan akan menyatakan kualitas hadis-hadis pada Buku Ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas VII. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Sistematika penyusunan, kekurangan dan kelebihan Buku Ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas VII, dan 2) Terdapat 9 hadis dalam Buku Ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Perkerti SMP Kelas VII yang diteliti, dengan uraian tiga hadis yang berkualitas ṣaḥīḥ yakni pada Hadis ke-3, ke-5 dan ke-6, empat hadis yang berkualitas ṣaḥīḥ li gairihī yakni pada Hadis ke-1, ke-2, ke-7 dan ke-8, dan dua hadis yang berkualitas ḍa'īf yakni pada Hadis ke-4 dan ke-9. Buku berjudul "Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas VII" yang ditulis oleh Rudi Ahmad Suryadi dan Sumiyati dan diterbitkan pada tahun 2021. Buku ini terdiri dari 12 bab yang merinci aspek-aspek penting dalam agama Islam dan budi pekerti. Terdapat 9 hadis yang diteliti yang dominan berkualitas ṣaḥīḥ.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | takhrij; hadis; sanad; buku |
Subjects: | Al-Hadits dan yang Berkaitan > Ilmu Hadits Al-Hadits dan yang Berkaitan > Dirayah/Ilmu tentang Keotentikan Hadits |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Hadits |
Depositing User: | Putri Wafiq Nur Azizah |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 08:54 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 08:54 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95850 |
Actions (login required)
View Item |