Fatmawati, Sri Yuyun (2024) Tanggapan anggota rohis terhadap kegiatan muhadharah hubungannya dengan keterampilan belajar pada mataPelajaran Sejarah Kebudayaan Islam: Penelitian di MA Al-ishlah Sagalaherang Subang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Text (COVER).pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Text (ABSTRAK).pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Text (DAFTAR ISI).pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
Text (BAB I).pdf Download (231kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
Text (BAB II).pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) |
||
Text (BAB III)
Text (BAB III).pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
||
Text (BAB IV)
Text (BAB IV).pdf Restricted to Registered users only Download (360kB) |
||
Text (BAB V)
Text (BAB V).pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Text (DAFTAR PUSTAKA).pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) |
Abstract
Sri Yuyun Fatmawati (1172020223): Tanggapan Anggota Rohis terhadap Kegiatan Muhadharah Hubungannya dengan Keterampilan Belajar pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (Penelitian di MA Al-Ishlah Sagalaherang Subang). Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh informasi bahwa di Madrasah Aliyah (MA) Al-Ishlah Sagalaherang Kabupaten Subang terdapat Organisasi Kerohanian Islam yang salah satunya ada kegiatan Muhadharah. Pada anggota Rohis itu terdapat beberapa kesulitan dalam keterampilan belajar pada Mata Pelajaran SKI. Secara umum, keterampilan belajar siswa dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dapat dikatakan baik dengan diadakannya kegiatan muhadharah oleh Rohis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) tanggapan anggota Rohis terhadap kegiatan muhadharah di MA Al-Ishlah Sagalaherang; 2) keterampilan belajar anggota Rohis pada mata pelajaran SKI di MA Al-Ishlah Sagalaherang; 3) hubungan antara tanggapan anggota Rohis terhadap kegiatan muhadharah dengan keterampilan belajar mereka pada mata pelajaran SKI di MA Al-Ishlah Sagalaherang. Penelitian ini didasarkan pada asumsi bahwa kegiatan muhadharah dapat meningkatkan keterampilan pada mata pelajaran SKI, karena berdasarkan teori salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keterampilan belajar yaitu faktor eksternal yakni ekstrakurikuler. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukandengan cara melakukan analisis parsial, uji normalitas, uji regresi, uji korelasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan: 1) tanggapan anggota rohis terhadap kegiatan muhadharah di MA Al-Ishlah Sagalaheran Subang termasuk pada kategori sering dengan perolehan skor rata-rata 3,85 yang berada pada interval 3,5 – 4,5. 2) keterampilan belajar pada mata pelajaran SKI di MA Al-Ishlah Sagalaherang Subang termasuk pada kategori baik dengan perolehan skor rata-rata 3,98 yang berada pada interval 3,5 – 4,5. 3) hubungan tanggapan anggota rohis terhadap kegiatan muhadharah dengan keterampilan belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA Al-Ishlah termasuk ke dalam kategori korelasi sangat rendah dengan koefisien korelasi sebesar 0,136. Adapun hasil uji hipotesis menunjukkan thitung (2,969) ≥ ttabel (1,711) yang berarti hipotesis (Ha) diterima. Dengan demikian, terdapat hubungan antara tanggapan anggota rohis terhadap kegiatan muhadharah dengan peningkatan keterampilan belajar pada mata pelajaran SKI di MA Al-Ishlah. Kata Kunci: Kegiatan Muhadharah, Keterampilan Belajar, SKI
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kegiatan Muhadharah; Keterampilan Belajar; Sejarah Kebudayaan Islam |
Subjects: | Islam Islam Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yuyun Sri |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 02:55 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 02:55 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95912 |
Actions (login required)
View Item |