Fenomena Fear of Missing Out (FoMO) sebagai perilaku konsumtif anak muda dalam aktivitas acara musik Playlist Live Festival 2023 di Kota Bandung

Oktaviana, Tri Tika (2024) Fenomena Fear of Missing Out (FoMO) sebagai perilaku konsumtif anak muda dalam aktivitas acara musik Playlist Live Festival 2023 di Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (783kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (728kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (787kB) | Request a copy

Abstract

Fear of Missing Out (FoMO) merupakan perasaan kecemasan sosial dimana individu dapat merasa cemas atau takut melewatkan pengalaman berharga atau kesempatan yang dimiliki orang lain yang berhubungan dengan tren atau gaya hidup. Playlist Live Festival 2023 merupakan salah satu tren di kalangan masyarakatcenderung menimbulkan perasaan FoMO terhadap aktivitas didalamnya dan dapat menimbulkan perilaku konsumtif khususnya di kalangan anak muda. Perilaku konsumtif dapat timbul karena adanya perasaan ingin tampil sesuai dengan tren yang sedang hype. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam terkait Fear of Missing Out (FoMO) dalam aktivitas acara musik Playlist Live Festival 2023 di kalangan anak serta melihat perilaku konsumtif kalangan anak muda dalam aktivitas acara musik Playlist Live Festival 2023. Teori yang digunakan Peneliti adalah Teori Masyarakat Konsumsi dari Jean Baudrillad. Teori ini digunakan sebagai penjelas dari realita yang terjadi atau sebagai pengarah dari pengujian yang akan dilakukan oleh peneliti. Dengan teori ini, Peneliti dapat memahami lebih dalam mengenai fenomena Fear of Misssing Out (FoMO) sebagai perilaku konsumtif anak muda. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis dan pendekatan kualitatif untuk mengeksplorasi terkait Fear of Missing Out (FoMO) dalam aktivitas acara musik Playlist Live Festival 2023 dengan memahami makna fenomena sosial yang diperoleh dari hasil wawancara mendalam, observasi dan studi pustaka guna mendapatkan kompleksitas dari penelitian yang kemudian di analisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan Fenomena FoMO (Fear of Missing Out) terhadap acara musik Playlist Live Festival 2023 yang dirasakan anak muda berawal dari mereka yang mengetahui informasi menarik yang menjadi tren. Konten-konten yang disajikan melalui plaform media sosial seperti Instagram dan Tiktok mengenai acara ini membuat anak muda tertarik sehingga timbul perasaan takut kehilangan atau ketinggalan momen bersama teman, artis, ataupun memang karena keterikatan mereka terhadap media sosial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Fear of Missing Out (FoMO); Perilaku Konsumtif; Anak Muda; Playlist Live Festival 2023;
Subjects: Ethics of Consumption
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Oktaviana Tri Tika
Date Deposited: 04 Sep 2024 06:01
Last Modified: 04 Sep 2024 06:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95973

Actions (login required)

View Item View Item