Maulida, Diah (2024) Pengembangan Multimedia with Concept Maps (MMCM) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi suhu dan kalor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (559kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (640kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_datarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian didasarkan pada kurangnya keterampilan berpikir kritis yang dimiliki peserta didik. Multimedia with concept maps (MMCM) diharapkan dapat menjadi inovasi dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kelayakan MMCM, mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan MMCM, mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah pembelajaran menggunakan MMCM, dan mengetahui respons peserta didik setelah menggunakan MMCM. Penelitian ini menggunakan menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 3 di MAN 1 Garut yang berjumlah 33 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar MMCM dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran dengan perolehan nilai rata-rata validitas sebesar 84,7, keterlaksanaan pembelajaran memperoleh persentase sebesar rata-rata 83,35% dengan kategori sangat baik, keterampilan berpikir kritis peserta didik meningkat dengan memperoleh n-gain sebesar 0,71 dalam kategori tinggi, dan respon peserta didik terhadap MMCM memperoleh persentase sebesar 81% dalam kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa MMCM dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Kata Kunci: Multimedia with concept maps, keterampilan berpikir kritis, suhu dan kalor
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia with concept maps; keterampilan berpikir kritis; suhu dan kalor; |
Subjects: | Special Computer Methods > Multimedia Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Diah Maulida |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 07:29 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 07:29 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96102 |
Actions (login required)
View Item |