Pengembangan Multimedia with Concept Maps (MMCM) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi suhu dan kalor

Maulida, Diah (2024) Pengembangan Multimedia with Concept Maps (MMCM) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi suhu dan kalor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (559kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_datarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian didasarkan pada kurangnya keterampilan berpikir kritis yang dimiliki peserta didik. Multimedia with concept maps (MMCM) diharapkan dapat menjadi inovasi dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kelayakan MMCM, mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan MMCM, mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah pembelajaran menggunakan MMCM, dan mengetahui respons peserta didik setelah menggunakan MMCM. Penelitian ini menggunakan menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 3 di MAN 1 Garut yang berjumlah 33 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar MMCM dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran dengan perolehan nilai rata-rata validitas sebesar 84,7, keterlaksanaan pembelajaran memperoleh persentase sebesar rata-rata 83,35% dengan kategori sangat baik, keterampilan berpikir kritis peserta didik meningkat dengan memperoleh n-gain sebesar 0,71 dalam kategori tinggi, dan respon peserta didik terhadap MMCM memperoleh persentase sebesar 81% dalam kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa MMCM dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Kata Kunci: Multimedia with concept maps, keterampilan berpikir kritis, suhu dan kalor

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Multimedia with concept maps; keterampilan berpikir kritis; suhu dan kalor;
Subjects: Special Computer Methods > Multimedia Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Diah Maulida
Date Deposited: 06 Sep 2024 07:29
Last Modified: 06 Sep 2024 07:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96102

Actions (login required)

View Item View Item