Fadilah, Hanatul (2018) Aktivitas bimbingan sosial dalam menumbuhkan kepribadian anak pada usia remaja: Studi deskriptif terhadap proses bimbingan yang dilakukan oleh Lembaga Advokasi Hak Anak (LAHA) di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II A Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Text (COVER)
cover.rtf Download (886kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.docx Download (67kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR_ISI.docx Download (66kB) |
|
Text (BAB I)
BAB_I.docx Download (59kB) |
|
Text (BAB II)
BAB_II.docx Restricted to Registered users only Download (105kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB_III.docx Restricted to Registered users only Download (275kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB_IV.docx Restricted to Registered users only Download (66kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.docx Restricted to Registered users only Download (65kB) | Request a copy |
Abstract
Kenakalan remaja merupakan perilaku yang menyimpang dilakukan oleh remaja seperti mengonsumsi narkoba, tawuran, membunuh, melakukan seksual dan kriminalitas. Faktor yang menyebabkan remaja terjerumus pada perilaku penyimpangan ini, disebabkan oleh keluarga, ekonomi, dan lingkungan. Hal ini, disebabkan karena anak tidak mendapatkan pembelajaran hidup yang baik dari orang tua, suka berbohong pada orang tua dan membantah perintah orang tua. Oleh karena itu, remaja membutuhkan sebuah penanganan khusus berupa bimbingan yang baik dari orang tua khususnya, lingkungan dan lembaga. Agar remaja mampu merubah dirinya dari perilaku negatif menjadi perilaku positif. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui program bimbingan sosial untuk menumbuhkan kepribadian remaja di LPKA Bandung, (2) mengetahui proses bimbingan sosial yang dulakukan LAHA di LPKA Bandung dan (3) mengetahui hasil penerapan aktivitas bimbingan sosial dalam kepribadian untuk menumbuhkan kepribadian anak pada usia remaja di LPKA Bandung. Penelitian ini berangkat dari teori yang diungkap oleh Albert Ellis bahwa manusia adalah makhluk berbuat dan berkembang dan merupakan individu dalam satu kesatuan yang berarti manusia bebas, berpikir, bernafsu dan berkehendak. Pengalaman eksternal yang menimbulkan emosional akan tetap bergantung pada pengertian yang diberikan terhadap peristiwa atau pengelaman itu sendiri. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Tujuannya penelitian ini untuk mengetahui program bimbingan sosial untuk menumbuhkan kepribadian remaja di LPKA Bandung, pencapaian dari pelaksanaan bimbingan sosial yang dilakukan LAHA di LPKA Bandung, dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara langsung dengan Pembina LAHA dan remaja LPKA, mengklarifikasikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa bimbingan sosial untuk menumbuhkan kepribadian remaja yang dilakukan oleh LAHA di (LPKA) Kelas II Bandung, mempunyai hasil yang efektif. Melalui kegiatan sosial ini, karena program didasarkan pada MISI Lembaga. Proses pelaksanaan bimbingan yang dilakukan oleh Lembaga Advokasi Hak Anak di LPKA Kelas II Bandung, Kegiatan bimbingan sosial dilaksanakan setiap setiap hari Kamis pukul 13.00-15.00. Tahapan proses bimbingan ini terkait, tentang: (a) materi, (b) metode, (c) Media. dan (c) objek. (3) Hasil penerapan bimbingan untuk menumbuhkan kepribadian anak pada usia remaja, untuk mengukur seberapa pengtingnya bimbingan sosial bagi mereka, Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa bimbingan sosial yang dilakukan LAHA sangat berpengaruh menumbuhkan kerpribadian remaja, termasuk pada perubahan mainset dan perilakunya, mengenali potensi dan memiliki semangat hidup yang kuat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bingbingan sosial; Perilaku; Remaja |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Hanatul Fadilah |
Date Deposited: | 25 May 2018 03:07 |
Last Modified: | 25 May 2018 03:07 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/9611 |
Actions (login required)
View Item |