Minat generasi muda pada profesi petani :Penelitian di Rw 07 desa Cikalahang kecamatan Dukupuntang kabupaten Cirebon Jawa Barat

Maolana, Angga (2024) Minat generasi muda pada profesi petani :Penelitian di Rw 07 desa Cikalahang kecamatan Dukupuntang kabupaten Cirebon Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (345kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (848kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy

Abstract

Krisis petani muda sudah bukan menjadi masalah baru. Masalah ini terjadi di Desa Cikalahang Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon, sebagian besar wilayah tersebut merupakan area pesawahan, sehingga sebagian masyarakat berprofesi sebagai petani. Akan tetapi saat ini petani di Desa Cikalahang tidak memiliki generasi selanjutnya. Karena kalangan generasi muda di Desa Cikalahang memilih bekerja di sektor industri. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana minat generasi muda di Desa Cikalahang pada profesi petani dan untuk mengetahui faktor apa yang mempengaruhi minat generasi muda pada profesi petani Desa Cikalahang. Teori yang digunakan dalam Penelitian ini adalah Teori Pilihan Rasional James S. Coleman. Teori ini mengatakan bahwa setiap tindakan yang dilakukan oleh individu atau kelompok memiliki tujuan untuk merealisasikannya. Teori ini memiliki dua konsep yaitu aktor dan sumberdaya. Aktor ialah individu yang melakukan tindakan, sedangkan sumberdaya merupakan jembatan untuk mencapai tujuan. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan jenis data kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan ialah sumber data primer yaitu hasil dari wawancara dan observasi objek penelitian langsung. Sumber data sekunder dalam penelitian ini diperoleh dari buku, jurnal, artikel, dan penelitian terdahulu untuk mendukung data primer. Dengan demikian Teknik Pengumpulan Data dalam penelitian ini ada 3 yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa generasi muda di Desa Cikalahang berpandangan bertani merupakan pekerjaan yang kurang bergengsi terlebih dengan perkembangan zaman yang serba digital. Oleh karena itu minat dari kalangan generasi muda saat ini ini berkurang. Adapun faktor yang mempengaruhi minat generasi muda pada profesi petani ialah adanya rasa gengsi yang disebabkan karena petani salah satu profesi pekerjaan yang tidak relevan dengan perkembangan zaman, adanya dorongan dari orang tua untuk memiliki penghasilan yang sepadan, adanya faktor lingkungan yang sudah serba digital, adanya dorongan ekonomi yang mana harga kebutuhan sehari-hari melambung tinggi, adanya pengaruh pendidikan yang saat ini sebagian generasi muda melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dengan tujuan mendapatkan peluang kerja yang semakin luas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Generasi muda; Petani; Minat
Subjects: Farm, Farming > Education, Research, Related Topics of Agriculture
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Angga Maolana
Date Deposited: 05 Sep 2024 01:54
Last Modified: 05 Sep 2024 01:54
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96170

Actions (login required)

View Item View Item