Qurrata A'yun dalam Al-Quran : Studi komparatif penafsiran Ahmad Musthafa Al-Maraghi dalam tafsir Al-Maraghi dan Quraish Shihab dalam tafsir Al-Mishbah

Fauziah, Ayu Vina (2024) Qurrata A'yun dalam Al-Quran : Studi komparatif penafsiran Ahmad Musthafa Al-Maraghi dalam tafsir Al-Maraghi dan Quraish Shihab dalam tafsir Al-Mishbah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar isi.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (497kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (982kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (965kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)

Abstract

Al-Qur’an tidak pernah berhenti memberikan motivasi serta inspirasi kepada orangtua dalam proses mendidik anak, guna menjadikan anak sebagai penyejuk mata bagi orang tuanya, adapun yang dimaksud sebagai penyejuk mata di sini yakni anak yang mentaati ajaran Tuhannya, memiliki perilaku yang disenangi oleh lingkungannya, baik keluarga maupun tempat tinggalnya. Sehubungan dengan hal tersebut, diantaranya istilah yang dipergunakan oleh Al-Qur’an adalah term Qurrata a’yun. Meskipun demikian, dalam ayat lain Qurrata a’yun ini bukan hanya dimaknai dengan penyejuk mata, dan dihubungkan dengan anak saja, melainkan dihubungkan juga dengan pasangan dan kenikmatan yang akan didapatkan oleh orang-orang shaleh di syurga kelak. Sehingga dari latar belakang yang telah di paparkan tersebut, muncul beberapa permasalahan yang akan dibahas dalam skripsi ini, yaitu bagaimana penafsiran Qurrata a’yun dalam al-Qur’an menurut Ahmad Musthafa Al-Maraghi dan Quraish Shihab, serta bagaimana perbedaan dan persamaan dari kedua penafsiran tersebut. Adapun tujuan daripada dilakukannya penelitian ini yakni untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan Qurrata a’yun menurut pandangan Ahmad Musthafa Al-Maraghi dan Quraish Shihab, serta bagaimana perbedaan dan persamaan dari kedua penafsiran tersebut. Metode yang dipakai dalam penelitian kali ini yakni metode muqarran atau metode komparatif atau yang sering dikenal juga dengan istilah perbandingan. Yaitu melakukan perbandingan penafsiran antara mufasir satu dengan yang lainnya dalam menafsirkan ayat-ayat al-Qur’an. Adapun dalam melakukan penelitian kali ini penulis menggunakan kitab Tafsir Al-Maraghi karya Ahmad Musthafa Al-Maraghi dan Kitab Tafsir Al-Mishbah karya M. Quraish Shihab. Hal tersebut penulis lakukan karena kedua tafsir tersebut memiliki corak yang sama yakni al-adab al-ijtima’I atau sosial kemasyarakatan, meskipun dalam periodisasi tafsir yang berbeda, yakni pada abad modern dan kontemporer. Hasil daripada penelitian ini menjelaskan bahwasannya yang dimaksud dengan Makna Qurrata a’yun dalam Al-Qur’an sebagai kegembiraan dan kesenangan Adapun makna Qurrata a’yun dalam Al-Qur’an menurut Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Mishbah yakni, Qurrata a’yun diartikan sebagai penyejuk mata, yang mana maksud dan tujuannya sama-sama sebagai kebahagian, sesuatu yang mengggembirakan atau sumber dari kebahagiaan. Perbedaan penafsiran al-Maraghi dan Quraish Shihab terletak pada pemaparan karakteristik anak dan pasangan yang termasuk pada golongan Qurrata a’yun dan ciri-ciri mu’min shaleh yang akan mendapatkan nikmat Qurrata a’yun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Qurrata a’yun; Al-Qur’an; anak; pasangan; nikmat
Subjects: Islam
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Ayu Vina Fauziah
Date Deposited: 05 Sep 2024 02:58
Last Modified: 05 Sep 2024 02:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96174

Actions (login required)

View Item View Item