Pengembangan koleksi perpustakaan sekolah hubungannya dengan minat baca siswa: Penelitian pada Madrasah Aliyah Negeri se-Kota Bandung

Muqoddas, Muhammad Ma'ruf (2024) Pengembangan koleksi perpustakaan sekolah hubungannya dengan minat baca siswa: Penelitian pada Madrasah Aliyah Negeri se-Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (295kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy

Abstract

Muhammad Ma’ruf Muqoddas (1202010093), 2024. “Pengembangan Koleksi Perpustakaan Sekolah Hubungannya dengan Minat Baca Siswa (Penelitian pada Madrasah Aliyah Negeri se-Kota Bandung). Masyarakat yang berkemajuan sering kali disebut sebagai masyarakat informasi, yang ditandai dengan tingginya kebutuhan akan informasi. Namun, data UNESCO menunjukkan bahwa tingkat literasi di Indonesia sangat rendah, menempati urutan kedua terbawah di dunia, dengan hanya 0,001% penduduk yang rajin membaca, atau 1 dari 1000 orang. Peningkatan minat baca merupakan salah satu peran penting perpustakaan sebagai penyedia informasi. Oleh karena itu, perpustakaan sekolah harus memprioritaskan pengembangan koleksi yang ideal untuk menumbuhkan dan meningkatkan minat baca siswa. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan atau korelasi pengembangan koleksi perpustakaan sekolah dengan minat baca siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengembangan koleksi perpustakaan di MAN se-Kota Bandung, 2) Mengetahui minat baca siswa di MAN se- Kota Bandung, 3) Menganalisis hubungan pengembangan koleksi perpustakaan sekolah dengan minat baca siswa di MAN se-Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Data dikumpulkan melalui angket yang disebarkan kepada 91 responden. Analisis data meliputi uji validitas, reliabilitas, analisis statistik, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan (1) Pengembangan koleksi perpustakaan di MAN se-Kota Bandung termasuk dalam kategori "Tinggi" dengan nilai rata-rata 3,45. (2) Minat baca siswa berada pada kategori "Cukup" dengan nilai rata-rata 3,39. (3) Uji korelasi menunjukkan nilai signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05, dengan nilai Pearson correlation sebesar 0,621. Ini menandakan hubungan positif antara kedua variabel, yaitu semakin tinggi pengembangan koleksi perpustakaan sekolah, semakin tinggi pula minat baca siswa. Korelasi ini termasuk dalam kategori "Kuat," dengan rentang antara 0,60–0,799. Hasil uji koefisien determinasi (R square) sebesar 0,386 menunjukkan bahwa pengembangan koleksi perpustakaan memberikan kontribusi sebesar 38,6% terhadap minat baca siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan; Koleksi; Minat Baca
Subjects: Library and Information Sciences > Library Research
Use of Other Information Media > Reading Interest and Habits
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration
Depositing User: Muhammad Ma'ruf Muqoddas
Date Deposited: 06 Sep 2024 07:45
Last Modified: 06 Sep 2024 07:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96217

Actions (login required)

View Item View Item