Pembelajaran heuristik dengan pendekatan Strategic Thinking berbantuan aplikasi Desmos dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan persistence siswa

Suprianti, Dina (2024) Pembelajaran heuristik dengan pendekatan Strategic Thinking berbantuan aplikasi Desmos dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan persistence siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (328kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran heuristik dengan pendekatan strategic thinking diperlukan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan persistence siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan persistence siswa melalui penerapan pembelajaran heuristik dengan pendekatan strategic thinking berbantuan aplikasi Desmos. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan non-equivalent control group design. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa temuan utama: (1) mengetahui lintasan proses pembelajaran heuristik dengan pendekatan strategic thinking berbantuan aplikasi Desmos dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan persistence siswa, (2) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang melaksanakan pembelajaran heuristik dengan pendekatan strategic thinking berbantuan aplikasi Desmos daripada siswa yang diberikan pembelajaran ekspositori, (3) terdapat perbedaan pencapaian peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang melaksanakan pembelajaran heuristik dengan pendekatan strategic thinking berbatuan aplikasi Desmos daripada siswa diberikan pembelajaran ekspositori berdasarkan gender, 4). terdapat perbedaan peningkatan persistence antar siswa yang melaksanakan pembelajaran heuristik dengan pendekatan strategic thinking berbantuan aplikasi Desmos daripada siswa yang diberikan pembelajaran ekspositori, dan (5) hambatan dan kendala siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah matematis terdapat pada indikator memeriksa kembali penyelesaian. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran heuristik dengan pendekatan strategic thinking berbantuan aplikasi Desmos efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan persistence siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Desmos; Pembelajaran Heuristik; Strategic Thinking; Persistence; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Subjects: Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Dina Suprianti
Date Deposited: 06 Sep 2024 06:30
Last Modified: 06 Sep 2024 06:30
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96255

Actions (login required)

View Item View Item