Putri, Risa Amalia (2024) Pengaruh mobile Service Quality pada aplikasi Haji Pintar terhadap kepuasan calon jemaah haji kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (341kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (476kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (648kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) |
Abstract
Aplikasi haji pintar adalah aplikasi yang dibuat oleh kemeterian agama dalam mendukung perkembangan teknologi yang berguna untuk memberikan pelayanan tentang penyelenggaraan haji melalui platform digital, kepuasan pengguna berperan penting karena akan menentukan seberapa baik kualitas layanan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan publik melalui platform digital yaitu kualitas mobile service, dan mengetahui kepuasan calon Jemaah haji sebagai pengguna layanan, serta mengetahui pengaruh kualitas layanan aplikasi haji pintar terhadap kepuasan calon Jemaah haji. Selain itu untuk mengetahui juga sumbangan efektif dari setiap dimensi yang dimiliki oleh kualitas mobile service terhadap kepuasan calon Jemaah haji pada aplikasi haji pintar. Adapun teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori Mobile Service Quality. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Adapun data olahan penelitian diperoleh dari hasil penyebaran angket, observasi, dan studi kepustakaan. Populasi penelitian yaitu pengguna aplikasi haji pintar, pengambilan sampel menggunakan simple random sampling perhitungan rumus slovin berjumlah 100 reponden. Kemudian, data dianalisis menggunakan alat uji penelitian SPSS, yaitu uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier sederhana, uji koefisien determinasi, Uji T, dan uji sumbangan efektif tiap dimensi variabel kualitas mobile service terhadap kepuasan calon Jemaah haji. Hasil analisis menunjukan bahwa kualitas mobile service berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan calon Jemaah haji pada aplikasi haji pintar. Dibuktikan berdasarkan hasil analisis uji t dengan perolehan hasil nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dengan t hitung 9,644 > t tabel 1,984 serta perolehan nilai koefisien regresi sebesar 0,677 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Adapun hasil perolehan nilai koefisien determinasi yaitu 0,487 dengan artian menunjukan bahwa pengaruh kualitas mobile service terhadap kepuasan sebesar 48,7%. Adapun sumbangan efektif dari tiap dimensi variabel kualitas mobile service terhadap kepuasan menunjukan pengaruh yang berbeda-beda, yaitu dimensi kualitas kontekstual sebesar 16,19%, dimensi kualitas interaksi sebesar 12,98%, dimensi kualitas konten sebesar 10,86%, dan dimensi kualitas koneksi sebesar 8,88%. Dengan demikian, secara keseluruhan total nilai sumbangan efektif sebesar 48,91%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kualitas pelayanan publik; aplikasi haji pintar; pemerintahan mobile; kepuasan layanan |
Subjects: | Public Administration Specific Field of Public Administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Risa Amalia Putri |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 07:22 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 07:22 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96357 |
Actions (login required)
View Item |