Rahmawati, Farida (2024) Penerapan model Student Facilitator And Explaining (SFAE) berbantuan mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS: Penelitian tindakan kelas di kelas V MI Matla'ul Atfal. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover .pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (150kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang di laksanakan di kelas V MI Matla’ul Atfal, peneliti menemukan permasalahan yang terjadi pada hasil belajar kognitif siswa yang rendah mata pelajaran IPS, dengan perolehan hasil niai rata-rata siswa sebesar 79% masih dibawah KKM. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah model pembelajaran yang kurang efektif dan monoton membuat siswa bosan dan tidak berminat serta siswa sulit mengingat materi pembelajaran dalam jangka panjang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui:1) Hasil belajar kognitif siswa sebelum menerapkan model Student Facilitator And Explaining (SFAE) berbantuan Mind Mapping pada mata pelajaran IPS, 2) Proses pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) berbantuan Mind Mapping pada mata pelajaran IPS di kelas V pada setiap siklus. 3) Hasil belajar IPS siswa setelah menggunakan model Student Facilitator And Expalining (SFAE) berbantuan Mind Mapping di kelas V di setiap siklusnya. Penelitian ini dilakukan di kelas V MI Matla’ul Atfal dengan jumlah siswa sebanyak 23 siswa. Metode penelitian yang di gunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Taggart yang tediri dari II siklus dimana setiap siklus terdapat II Tindakan dengan beberapa tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi serta diakhiri dengan refleksi pada setiap siklus. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dengan menggunakan tes tertulis, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Hasil belajar kognitif siswa pada prasiklus masih rendah yaitu dengan skor rata-rata sebesar 54, dan ketuntasan klasikal sebesar 26%. Pembelajaran dengan menerapkan model Student Facilitator And Expalining (SFAE) berbantuan Mind Mapping terjadi peningkatan aktivitas siswa dan guru pada setiap siklusnya. Aktivitas siswa pada siklus I tindakan I sebesar 55, lalu tindakan II sebesar 62. Selanjutnya, pada siklus II Tindakan I sebesar 71 dan Tindakan II sebesar 78. Sedangkan untuk aktivitas guru, pada siklus I Tindakan I yaitu mendapatkan nilai rata-rata 62, Tindakan II sebesar 69. Selanjutnya untuk siklus II Tindakan I Perolehan aktvitas guru mencapai 81 dan tindakan II mencapai 86. Hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I tindakan I nilai rata-rata siswa 61 dengan ketuntasan klasikal 39%, lalu pada tindakan II nilai rata-rata siswa 67 ketuntasan klasikal 60%. Selanjutnya pada siklus II tindakan I terjadi peningkatan dengan perolehan nilai rata-rata siswa mencapai 73, dengan ketuntasan klasikal 78%, lalu pada siklus II tindakan II nilai rata- 80 dengan ketuntasan klasikal 86%. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila hasil rata-rata siswa mencapai ≥ 70 sesuai dengan KKM dan ketuntasan klasikal siswa mencapai ≥75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Student Facilitator And Explaining berbantuan Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V MI Matla’ul Atfal Kota Bandung.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Kognitif; Student Facilitato And Explaining (SFAE); Mind Mapping; IPS |
Subjects: | Education, Research Education Education > Sociology of Education Elementary Education > Elementary School |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Farida Rahma Wati |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 07:06 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 07:06 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96402 |
Actions (login required)
View Item |