Pola interaksi remaja pengguna aplikasi Tiktok: Kajian pada siswa di Sekolah Menengah Atas Daya Utama Kota Bekasi

Mufidah, Lulu (2024) Pola interaksi remaja pengguna aplikasi Tiktok: Kajian pada siswa di Sekolah Menengah Atas Daya Utama Kota Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (243kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari masalah interaksi sosial menjadi sangat penting dalam perkembangan pada masa remaja, dengan media sosial seperti TikTok berperan besar dalam membentuk hubungan sosial. Namun, penggunaan TikTok yang berlebihan dapat berdampak negatif pada performa belajar, mengganggu waktu belajar, kualitas tidur, dan motivasi. Penelitian ini berfokus pada performa belajar siswa terhadap penggunaan aplikasi TikTok yang dapat menghamabat performa belajat siswa. Penelitian ini untuk mengetahui pola interaksi remaja di SMA Daya Utama pengguna aplikasi tiktok, untuk mengetahui dampak apa saja yang didapatkan remaja terhadap penggunaan aplikasi tiktok di SMA Daya Utama, dan untuk mengtahui faktor-faktor hambatan yang dihadapi siswa terhadap penggunaan aplikasi tiktok di SMA Daya Utama. Penelitian ini menggunakan teori interaksi simbolik yang dijelaskan oleh George Hebert Mead menyatakan tentang posisi simbol dalam lingkungan kehidupan sosial yang sangat penting dan selalu ada dalam kehidupan masyarakat. Dimana setiap aktivitas yang dilakukan individu menggunakan simbol yang dipahami oleh setiap individu itu sendiri, simbol inilah yang digunakan remaja yang menggunakan aplikasi tiktok dimana simbol ini hanya mampu dipahami oleh sesama pengguna aplikasi tiktok tampa melimabatkan orang lain. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan cara mendeskripsikan, menganalisis, dan mengungkapkan fenomena-fenomena yang terjadi di lapangan. Data penelitian ini bersumber dari data primer dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selain itu, sumber data dilengkapi data sekunder berupa referensi buku dan juga literatur yang berkaitan dengan penelitian ini. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan pembuatan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pola interaksi remaja pengguna aplikasi TikTok SMA Daya Utama Bekasi ini menjalin interaksi menggunakan aplikasi TikTok dengan orang asing berjalan dengan baik. Peneliti menemukan ada 3 dampak yang siswa rasakan dalam penggunaan aplikasi TikTok terhadap performa belajar siswa di SMA Daya Utama Bekasi yaitu: konten TikTok sebagai motivasi belajar siswa, aplikasi TikTok sebagai alat bantu pembelajaran siswa, terkahir aplikasi TikTok dapat mempengaruhi jam tidur siswa.selain itu, siswa juga merasakan faktor penghambat aplikasi TikTok terhadap performa belajar siswa di SMA Daya Utama Bekasi yaitu: banyaknya waktu yang terbuang sia-sia hanya karna menonton TikTok, Terlalalu sering memeriksa nontifikasi TikTok dapat menghambat performa belajar siswa dan siswa selalu menunda-nunda tugas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Interaksi Sosial; Remaja; TikTok
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Research of Social Interaction
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions between Groups
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Lulu Lulu Mufidah
Date Deposited: 06 Sep 2024 08:31
Last Modified: 06 Sep 2024 08:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96522

Actions (login required)

View Item View Item