Rafika, Ika (2024) Pembelajaran hadis kitab Bulughul Maram di Pondok Pesantren Mahasiswa Universal Cibiru Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (196kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (434kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (116kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) | Request a copy |
Abstract
Pondok Pesantren Mahasiswa Universal Cibiru di Bandung dikenal sebagai lembaga pendidikan yang mengintegrasikan studi agama dengan pendidikan formal untuk mahasiswa. Salah satu fokus utama pendidikan di pondok pesantren ini adalah pembelajaran kitab Bulughul Maram namun, dalam pelaksanaannya proses pembelajaran kitab Bulughul Maram dihadapkan pada sejumlah penghambat. Ketergantungan pada kitab ini sebagai satu-satunya sumber materi mengakibatkan mahasiswa kurang mendapatkan perspektif tambahan yang bisa memperkaya pemahaman mereka. Selain itu, perbedaan kemampuan bahasa Arab di antara mahasiswa mempengaruhi efektivitas pemahaman dan interpretasi teks hadis. Keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan organisasi luar juga sering mengalihkan perhatian mereka dari pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana proses pembelajaran kitab Bulughul Maram dilakukan, menganalisis hasil dari pembelajaran tersebut, dan mengidentifikasi faktor-faktor pendukung serta penghambat yang memengaruhi efektivitasnya. Kerangka berpikir penelitian ini didasarkan pada konsep bahwa pemahaman yang mendalam tentang hadis dapat meningkatkan kualitas pendidikan agama, namun proses pembelajaran sering kali terhambat oleh berbagai faktor. Penelitian ini menggunakan metodologi pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi langsung wawancara dengan pengajar dan santri, serta analisis dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis untuk mengidentifikasi elemen-elemen kunci dalam proses pembelajaran dan faktor-faktor yang mempengaruhi hasilnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pendukung utama dalam pembelajaran kitab Bulughul Maram di Pondok Pesantren Mahasiswa Universal Cibiru meliputi kualitas tenaga pendidik yang memahami kitab dengan baik, suasana ruangan pembelajaran yang kondusif, serta ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai. Faktor penghambat utama terdiri dari ketergantungan pada Bulughul Maram sebagai satu-satunya sumber materi, yang membatasi variasi perspektif dalam pembelajaran, dan ketidakmerataan kemampuan bahasa Arab di antara mahasiswa, yang menghambat pemahaman materi oleh sebagian mahasiswa. Penelitian ini juga menyoroti tujuan utama dari pembelajaran kitab ini, yaitu mengembangkan akhlak yang baik, memperkuat keislaman, dan mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi pemimpin yang bertanggung jawab.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Hadis; Bulughul Maram; Pondok Pesantren; Pendidikan Agama Islam; Metode Kualitatif |
Subjects: | Islam Islam > Hadith Islam > Study of Text of Hadith Islam > Dirayah Science of Authenticity of Hadith Islam > Compilations Hadith Islam > Hadith Other Sect Higher Education, Universities |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Hadits |
Depositing User: | Ika Rafika |
Date Deposited: | 08 Sep 2024 23:36 |
Last Modified: | 08 Sep 2024 23:36 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96653 |
Actions (login required)
View Item |