Solidaritas sosial kelompok sadar keamanan dan ketertiban masyarakat Bhayangkara: Penelitian di sub sektor Kelurahan Cimuning Kota Bekasi

Marlinda, Naura Fadiya (2024) Solidaritas sosial kelompok sadar keamanan dan ketertiban masyarakat Bhayangkara: Penelitian di sub sektor Kelurahan Cimuning Kota Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (295kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (799kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan tantangan keamanan dan ketertiban masyarakat yang menjadi semakin kompleks. Wilayah perkotaan seperti Kelurahan Cimuning, Kota Bekasi, menghadapi berbagai masalah terkait keamanan dan ketertiban yang mempengaruhi kualitas hidup warganya. Kehadiran kelompok sadar keamanan dan ketertiban masyarakat bhayangkara, menjadi penting untuk menjaga stabilitas sosial dan keamanan lingkungan. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui bagaimana bentuk solidaritas kelompok sadar keamanan dan ketertiban masyarakat bhayangkara sub sektor kelurahan cimuning. dan bagaimana faktor pembentuk solidaritas kelompok sadar keamanan dan ketertiban masyarakat bhayangkara sub sektor kelurahan cimuning. Teori yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu Teori Solidaritas Emile Durkheim. Menurut Emile Durkheim, solidaritas sosial dalam masyarakat berdasarkan bentuknya dapat dibagi menjadi solidaritas mekanik dan solidaritas organik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Metode tersebut bertujuan untuk menyelidiki secara detail dan menjelaskan secara rinci situasi di lapangan mengenai solidaritas sosial di Pokdarkamtibmas Bhayangkara Sub Sektor Kelurahan Cimuning Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan pembuatan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan, bahwa bentuk solidaritas sosial di antara Pokdarkamtibmas Bhayangkara Sub Sektor Kelurahan Cimuning Kota Bekasi mencakup kerja sama, gotong royong, bakti sosial, menjenguk anggota yang sakit dan membantu anggota, serta merayakan momen-momen penting. Bentuk solidaritas sosial di antara Pokdarkamtibmas Bhayangkara Sub Sektor Kelurahan Cimuning Kota Bekasi dapat dikategorikan sebagai solidaritas organik. Faktor pembentuk solidaritasnya yaitu memiliki tujuan yang sama, kebersamaan anggota, adanya strategi komunikasi, adanya pendidikan dan pelatihan. Masyarakat umumnya memandang positif kontribusi Pokdarkamtibmas, menghargai upaya mereka dalam pencegahan kejahatan, peningkatan kesadaran tentang keamanan, dan penciptaan lingkungan yang aman.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Solidaritas Sosial; Kota Bekasi; Pokdarkamtibmas Bhayangkara
Subjects: Social Groups
Communities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Naura Fadiya Marlinda
Date Deposited: 08 Sep 2024 03:22
Last Modified: 08 Sep 2024 03:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96658

Actions (login required)

View Item View Item