pengaruh pendekatan Science, Environment,technology and Society (SETS) terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi perubahan lingkungan

Safitri, Rahma Ayu (2024) pengaruh pendekatan Science, Environment,technology and Society (SETS) terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi perubahan lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (472kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)

Abstract

Kemampuan literasi sains merupakan salah satu keterampilan yang diperlukan di abad 21, namun kenyataannya di Indonesia masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil kemampuan literasi sains siswa pada materi perubahan lingkungan menggunakan pendekatan Science, Environment,Technology, And Society (SETS). Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Sampel penelitian sampling jenuh. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X yaitu kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 di SMA Mekar Arum pada semester genap tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah 58 siswa. Instrumen yang digunakan berupa soal uraian kemampuan literasi sains berjumlah 15 soal. Data hasil kemampuan literasi sains berupa nilai rata rata pre-test dan post-test, kelas yang menggunakan pendekatan SETS yaitu pre-tes 40 dan post-test 86, sedangkan nilai pre-test dan post-test kelas yang tanpa menggunakan pendekatan SETS yaitu pre-test 45 dan post-test 75. Adapun nilai hipotesis menggunakan Uji mann whitney mendapatkan nilai sig 2-tailed 0,000<0,05 maka H1 diterima dan H0 ditolak. Angket kesulitan peserta didik berdasarkan analisis data 52% peserta didik memiliki kesulitan di dalam proses pembelajaran menggunakan pendekatan SETS. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan pendekatan SETS memperoleh pengaruh signifikan terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi perubahan lingkungan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Literasi sains; Perubahan Lingkungan; SETS
Subjects: Economic of Land and Energy > Natural Resources and Energy, Environment
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Rahma Ayu Safitri
Date Deposited: 08 Sep 2024 03:45
Last Modified: 08 Sep 2024 03:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96718

Actions (login required)

View Item View Item