Pelaksanaan program komunitas Rehabilitasi berbasis masyarakat dalam memberikan pelayanan untuk anak Disabilitas di Desa Ngamplang Kabupaten Garut

Firdaus, Salsabilla (2024) Pelaksanaan program komunitas Rehabilitasi berbasis masyarakat dalam memberikan pelayanan untuk anak Disabilitas di Desa Ngamplang Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (289kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)

Abstract

Rehabilitasi Berbasis Masyarakat di Desa Ngamplang merupakan suatu program rehabilitasi sosial dengan memberdayakan masyarakat sebagai salah satu faktor pendukung keberlangsungan program RBM ini. Program RBM merupakan program yang dibuat untuk mengefektifkan proses rehabilitasi yang ada di masyarakat. Penelitian ini bertujuan mengkaji pentingnya rehabilitasi berbasis masyarakat untuk memenuhi kebutuhan anak dengan disabilitas di Desa Ngamplang. Dimana penelitian ini mengaplikasikan teori implementasi program berdasarkan pandangan Horn dalam Budi Winarno (2008) yang berpendapat bahwa inplementasi program memiliki 6 dimensi yang harus diperhatikan yaitu : standar dan sasaran kebijakan, sumber daya, hubungan antar organisasi, karakteristik agen pelaksana, kondisi sosial politik dan ekonomi, dan sikap pelaksana. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini ialah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data primer penelitian ini diperoleh dari wawancara, sedangkan untuk data sekunder diperoleh dari observasi dan studi literatur. Penelitian ini menggunakan analis data dari Sugiyono (2018) berupa: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa ada beberapa hal pada pelaksanaannya yang masih belum optimal, seperti tidak adanya sop yang mengatur yang menetapkan langkah-langkah yang detail yang harus diikuti dan dapat dipahami untuk melaksanakan program-program yang ada. Sehingga RBM Desa Ngamplang perlu untuk membuat standar pengelolaan yang jelas agar membuat merekaa dapat lebih efektif dan efisien dalam mencapai tujuan dari organisasinya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Rehabilitasi Berbasis Masyarakat (RBM)
Subjects: Communities
Communities > Villages
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Salsabilla Abil Firdaus
Date Deposited: 08 Sep 2024 13:21
Last Modified: 08 Sep 2024 13:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96927

Actions (login required)

View Item View Item