Relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam Kitab Al-Akhlaq li Al-Banīn karya Umar Bin Achmad Baradja: Penelitian di SMP Guna Dharma Panyileukan Kota Bandung

Saefurrohman, Saefurrohman (2017) Relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam Kitab Al-Akhlaq li Al-Banīn karya Umar Bin Achmad Baradja: Penelitian di SMP Guna Dharma Panyileukan Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
ABSTRACT.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy

Abstract

Fenomena yang terjadi di SMP Guna Dharma Bandung berkaitan dengan perilaku peserta didik, peneliti kategorikan masih sebatas normal umumnya siswadi sekolah-sekolah yang lain, namun ada sedikit permasalahan sosial yang memang perlu diluruskan, di antaranya seperti perilaku: awalnya mentato di tangan dengan tinta bulpoin, tinta tanco, pikok rambut warna merah, kuku pakai tanco hitam, berucap dengan lisan yang kotor. Di samping itu siswa masih ada yang kurang peduli terhadap lingkungan sekolah, kebersihan kelas, buang sampah tidak pada tempatnya, mencorat- coret meja belajar maupun dinding sekolah, dan keluar dari mushola ketika pelaksanaan sholat dzuhur berjamaah. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab Al-Akhlaq li Al-Banīn. Menjelaskan penerapan pembelajaran kitab Al-Akhlaq li Al-Banīn. Menjelaskan faktor apa yang menjadi penunjang dan penghambat dari pembelajaran kitab Al-Akhlaq li ABanīn. Menjelaskan relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Al-Akhlaq li AlBanīn karya Umar Bin Achmad Baradja dengan praktek pendidikan akhlak di SMP Guna Dharma Panyileukan Kota Bandung. Proses hasil pembelajaran relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Al-Akhlaq li Al-Banīn karya Umar bin Achmad Baradja dengan Praktek Pendidikan Akhlak di SMP Guna Dharma, tidak terlepas dari dua faktor diantaranya adalah: 1) Faktor penunjang (Perpustakaan Sekolah, Buku-buku dan kitab – kitab akhlak), 2) faktor penghambat (belum maksimal sarana dan prasarana, minimnya komunikasi sekolah dengan orang tua). Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ceramah, teladan dan pembiasaan. Penelitian ini di tujukan untuk menjelaskan relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Al Akhlaq li Al-Banīn dengan praktek pendidikan akhlak. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa SMP Guna Dharma sejumlah 267 siswa, kemudian mengambil sampel 75 Siswa. Teknik pengumpulan data utama yang digunakan adalah melalui angket, kemudian didukung oleh wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Data Primer diperoleh dari Kitab Al Akhlaq li Al-Banīn dan data skunder diperoleh dari sekolah, internet, dan buku-buku lainnya. Hasil penelitian ini, menunjukan bahwa: Nilai akhlak terhadap Allah SWT, nilai akhlak terhadap Nabi Muhammad SAW, nilai akhlak terhadap diri sendiri, nilai akhlak terhadap orang tua, nilai akhlak terhadap guru, nilai akhlak terhadap saudara atau kerabat, nilai akhlak terhadap masyarakat, dan nilai akhlak terhadap lingkungan sekitar yang terkandung dalam kitab Al-Akhlaq li Al-Banīn ada kesesuaian dengan praktek Pendidikan Akhlak di SMP Guna Dharma Panyileukan Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak Anak; Pendidikan
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 38 not found.
Date Deposited: 28 May 2018 04:32
Last Modified: 12 Jan 2022 05:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/9693

Actions (login required)

View Item View Item