Sintesis dan karakterisasi bioplastik pati kulit singkong dengan plasticizer gliserol dan penambahan kitosan dari cangkang rajungan (Portunus sanguinolentus)

Alvianingsih, Hani (2024) Sintesis dan karakterisasi bioplastik pati kulit singkong dengan plasticizer gliserol dan penambahan kitosan dari cangkang rajungan (Portunus sanguinolentus). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Bioplastik berbahan pati memiliki kekurangan yaitu rendahnya kekuatan mekanik serta bersifat hidrofilik. Sehingga diperlukan penambahan bahan pendukung lainnya seperti plasticizer dan kitosan untuk perbaikan sifat fisik, sifat mekanik dan ketahanan bioplastik terhadap air. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penambahan kitosan cangkang rajungan terhadap pembuatan bioplastik berbasis pati kulit singkong dengan plasticizer gliserol. Penelitian ini terdiri dari isolasi serta karakterisasi pati kulit singkong dan kitosan cangkang rajungan, juga pembuatan bioplastik dengan variasi penambahan kitosan cangkang rajungan 0; 0,5; 1; dan 1,5 g. Bioplastik yang dihasilkan kemudian dilakukan karakterisasi analisis gugus fungsi dengan FTIR (Fourier Transform Infra Red), analisis morfologi menggunakan SEM (Scanning Electron Microscope), sifat fisik, sifat mekanik, dan kemampuan biodegradasi. Pengujian FTIR (Fourier Transform Infra Red) menunjukkan adanya pergeseran bilangan gelombang pada setiap gugus fungsi. Sedangkan pada pengujian SEM (Scanning Electron Microscope) menunjukkan ketidakhomogenan pada bioplastik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan penambahan kitosan mempengaruhi karakteristik bioplastik. Semakin tinggi penambahan massa kitosan maka nilai ketebalan, ketahanan air, dan kuat tarik semakin meningkat. Namun, daya serap air, kadar air, elongasi, dan biodegradasi semakin menurun. Hasil karakterisasi bioplastik terbaik pada penelitian ini yaitu pada penambahan kitosan 1,5 g dengan hasil ketebalan 0,08 mm, daya serap air 55,27%, ketahanan air 44,72%, kadar air 8,89%, kuat tarik 16,025 MPa, elongasi 3,55%, dan terdegradasi sempurna selama 11 hari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: biodegradasi; bioplastik; karakterisasi; kitosan cangkang rajungan; pati kulit singkong
Subjects: Inorganic Chemistry
Organic Chemistry
Ecology > Environmental Chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Kimia
Depositing User: hani alvia ningsih
Date Deposited: 10 Sep 2024 00:50
Last Modified: 10 Sep 2024 00:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96966

Actions (login required)

View Item View Item