Rezeki, Wina Febriani Sri (2024) Rancang bangun air cooling system motor BLDC 10kW untuk mobil listrik berbasis Proportional Integral Derivative (PID). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (287kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (877kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (896kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (512kB) | Request a copy |
||
Text (BAB VI)
9_bab6.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) | Request a copy |
Abstract
Motor BLDC (Brushless DC Motor) adalah jenis motor listrik yang menggunakan komutasi elektronik daripada sistem berbasis sikat (brush) seperti pada motor DC konvensional. Ketika BLDC motor beroperasi, setiap komponen menghasilkan panas yang dapat mempengaruhi performanya. Jika panas tidak dikeluarkan, temperatur motor dapat meningkat dan menyebabkan overheat. Penggunaan electric fan dapat menjaga temperatur motor dalam batas yang aman. Penggunaan kontrol PID dalam sistem pendinginan dapat meningkatkan kemampuan untuk mengatur suhu motor dengan lebih akurat dan responsif terhadap perubahan suhu. Penelitian ini bertujuan untuk mengatur temperatur motor secara akurat dan efisien menggunakan kontrol PID. Tujuan utamanya adalah mengevaluasi bagaimana sistem ini mampu menjaga temperatur motor pada nilai setpoint 40°C. Penggunaan kontroler PID berbasis mikrokontroler untuk mengatur kecepatan electric fan sebagai sistem pendingin, dengan parameter kendali PID ditentukan menggunakan metode Ziegler-Nichols. Parameter kendali PID yang didapatkan dari metode Ziegler-Nichols memiliki nilai Kp = 178,49, Ki = 1,89, dan Kd = 4.194,5. Parameter tersebut menghasilkan settling time selama 1665,30 detik, maximum overshoot sebesar 5%, dan nilai error steady state sebesar 0,5. Meskipun beberapa parameter seperti overshoot masih di atas batas yang diinginkan, implementasi kontrol PID telah berhasil dalam menjaga suhu motor pada nilai setpoint 40°C dengan cukup stabil. Studi ini menegaskan bahwa sistem kendali PID dapat efektif diterapkan dalam mengatur suhu motor BLDC untuk mempertahankan performa yang optimal dan mencegah risiko overheating.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motor BLDC; sistem pendingin; eletric fan; PID |
Subjects: | Applied Physics > Electrical Engineering |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Elektro |
Depositing User: | Wina Febriani Sri Rezeki |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 04:18 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 04:18 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97169 |
Actions (login required)
View Item |