Fauzi, Muhammad Iqbal (2024) Efektivitas Bus Trans Metro Bandung (Tmb) sebagai angkutan umum massal dalam mengatasi kemacetan di Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (260kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (55kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
Abstract
Negara Indonesia merupakan suatu negara yang ditandai dengan adanya jumlah tingkat pada indikator dalam pertumbuhan ekonomi dan sosial di kota metropolitannya sangat tinggi, seperti Kota Bandung. Sehingga hal ini dapat meningkatkan mobilitas masyarakat yang terjadi di perkotaan dan berdampak pada kemacetan lalu lintas di Kota Bandung. Oleh karena itu, bus Trans Metro Bandung ini dirancang sebagai angkutan umum massal yang bersifat pendukung dalam melakukan aktivitas masyarakat Kota Bandung yang sangat padat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis efektif atau tidaknya penggunaan Bus Trans Metro Bandung sebagai angkutan umum massal dalam mengatasi kemacetan di Kota Bandung. Tujuan penelitian ini juga diukur melalui pencapaian tujuan, integrasi, dan adaptasi dengan didukung adanya indikator yang bersangkutan pada pengukuran tujuan penelitian ini. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori efektivitas organisasi menurut Duncan dalam (Steers, 2020:15), yang dimana dalam teori ini terdapat tiga hal yang menjadi ukuran efektivitas organisasi yang wajib dilakukan guna mencapai target yang telah ditetapkan, yaitu Pencapaian Tujuan, Integrasi, dan Adaptasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara kepada informan kunci, informan utama, dan informan pendukung, serta dilengkapi melalui dokumentasi dan studi kepustakaan. Sedangkan teknik analisis data dari penelitian ini yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa pencapaian tujuan Bus Trans Metro Bandung sebagai angkutan umum massal dalam mengatasi kemacetan di Kota Bandung belum efektif dikarenakan masih belum memiliki jalur khusus dan masih banyak kendala pengoperasian Bus Trans Metro Bandung ini. Berdasarkan integrasi, dalam pengoperasian Bus Trans Metro Bandung masih belum terintegrasi secara luas sehingga masyarakat yang mempunyai mobilitas tinggi masih merasa kesulitan saat bepergian. Selain itu, berdasarkan adaptasi Bus Trans Metro Bandung sudah bisa dibilang cukup efektif karena kualitas dan kemampuan pegawainya yang baik. Kata Kunci: Efektivitas, Pelayan Publik, Kemacetan, Angkutan Umum Massal
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas; Pelayan Publik; Kemacetan; Angkutan Umum Massal |
Subjects: | Public Administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Muhammad Iqbal Fauzi |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 01:33 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 01:33 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97177 |
Actions (login required)
View Item |