Kompetensi guru PAI perspektif K. H. Hasyim Asy'ari dalam kitab Adabul 'Alim wal Muta'allim

Mubarok, Faiz Royan (2024) Kompetensi guru PAI perspektif K. H. Hasyim Asy'ari dalam kitab Adabul 'Alim wal Muta'allim. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menanamkan nilai-nilai agama, meningkatkan moral serta membentuk karakter peserta didik. Oleh karena itu perlu didalami kembali kriteria atau kompetensi yang harus dimiliki oleh guru PAI untuk mampu memenuhi tugasnya secara maksimal. Sebagai sarjana Muslim, ada baiknya untuk menjadikan para tokoh Muslim serta pemikiran mereka sebagai rujukan dan acuan. Terdapat satu tokoh Muslim yang menarik perhatian penulis karena salah satu karangannya membahas seputar pendidikan. Tokoh tersebut adalah K. H. Hasyim Asy’ari dengan karyanya kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kompetensi guru menurut Ilmu Pendidikan Islam, mengetahui gambaran isi kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim dan mengetahui juga mengeksplorasi kompetensi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) perspektif K.H. Hasyim Asy'ari dalam kitab Adabul 'Alim wal Muta'allim serta relevansinya dengan kompetensi guru PAI menurut aturan pemerintah dan Ilmu Pendidikan Islam. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa seorang guru diharuskan memiliki kompetensi. Kompetensi disini dimaknai sebagai seperangkat kemampuan baik pengetahuan, keterampilan atau perilaku yang dibutuhkan dan harus dikuasai guru untuk menyelesaikan tugasnya secara profesional. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode konten analisis (content analysis). Data dikumpulkan dengan teknik penelitian kepustakaan atau library research yang bersifat deskriptif analitis di mana data diperoleh melalui sumber literasi seperti buku, dokumen, artikel dan sebagainya. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi guru perspektif Ilmu Pendidikan Islam dapat disimpulkan meliputi; dewasa, sehat lahir dan batin, ahli (menguasai bidang ilmu dan pengajaran), profesional dalam mengajar, mampu memahami siswa dan menyayanginya, berkepribadian Muslim dan berakhlak terpuji. Kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim tersusun dari delapan bab, secara keseluruhan membahas etika seputar pembelajaran bagi guru dan murid. Tiga bab diantaranya fokus pada pembahasan etika guru. Kompetensi guru perspektif K. H. Hasyim Asy’ari dalam kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim secara umum terbagi kedalam tiga kompetensi yaitu kompetensi pribadi guru, kompetensi mengajar guru dan kompetensi interaksi dengan peserta didik. Setelah dianalisis, kompetensi guru PAI secara khusus dapat dikelompokkan kedalam enam kompetensi, yaitu kompetensi pedagogik dengan penekanan pada kemampuan guru dalam menyukseskan peserta didik, kompetensi kepribadian yang lebih menekankan pada pendekatan keagamaan (sufistik), kompetensi sosial dengan berperan aktif dalam masyarakat, kompetensi profesional yang menekankan kapabilitas seorang guru dibidangnya, kompetensi spiritual dengan konsep ikhlasnya dan kompetensi kepemimpinan dengan menjadi teladan demi melestarikan budaya Islami.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi; Guru; Adabul ‘Alim wal Muta’allim; K. H. Hasyim Asy’ari
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Professional Qualifications of Teacher
Religious Leaders Biography > Islam Religious Leaders Biography
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: faiz royan mubarok
Date Deposited: 09 Sep 2024 03:27
Last Modified: 09 Sep 2024 03:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97187

Actions (login required)

View Item View Item