Nursaadah, Shofia (2024) Pengaruh permainan Lego terhadap perkembangan anak usia dini : Penelitian kuasi eksperimen di kelompok A di RA Al-Kautsar Banjar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (249kB) | Preview |
|
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
||
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) | Request a copy |
||
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) | Request a copy |
||
Text
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (23kB) | Request a copy |
||
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di Kelompok A RA Al-Kautsar Banjar bahwa anak yang belum mengenal konsep bilangan 1-10, anak belum mampu membedakan lambang bilangan 1-10, dan anak belum mampu menyebutkan lambang bilangan 1-10. Selama ini di RA Al-Kautsar Banjar, guru hanya menggunakan permainan kartu angka dalam mengenalkan lambang bilangan, oleh karena itu peneliti menggunakan permainan lego untuk mengetahui pengaruhnya terhadap perkembangan kognitif anak usia dini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Perkembangan kognitif anak sebelum melakukan permainan lego di Kelompok A RA Al-Kautsar Banjar; (2) Perkembangan kognitif anak sesudah melakukan permainan lego di Kelompok A RA Al-Kautsar Banjar; dan (3) Pengaruh permainan lego terhadap perkembangan kognitif anak di Kelompok A RA Al-Kautsar Banjar. Masa usia dini merupakan periode penting bagi pengembangan potensi dan aspek perkembangan anak, termasuk perkembangan kognitif. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan kognitif anak usia dini adalah permainan lego. Bermain lego membantu anak mengenal konsep bilangan dan memecahkan masalah, serta meningkatkan kemampuan imajinasi dan berpikir anak. Perkembangan kognitif anak usia dini mencakup kemampuan menghitung hingga angka 1-20, mengelompokkan benda, memahami makna berlawanan, mencocokkan bentuk, mengurutkan angka, mengenal warna, membedakan bentuk, serta menyebut dan memasangkan angka. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif menggunakan Pre-experimental Design. Responden dalam penelitian ini yaitu 18 anak. Penentuan sampel menggunakan teknik sampel jenuh, artinya jumlah sampel dilakukan dengan menetapkan seluruh populasi sebagai responden penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data melibatkan uji instrumen terlebih dahulu yaitu validitas dan reliabilitas, kemudian dilakukan uji normalitas, uji homogenitas, uji parsial item per indikator, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa perkembangan kognitif anak usia dini di Kelompok A RA AL-Kautsar Banjar sebelum melakukan permainan lego memperoleh nilai rata-rata sebesar 57 dengan interpretasi kurang. setelah melakukan permainan lego memperoleh nilai rata-rata sebesar 70 dengan interpretasi baik. Terdapat perbedaan yang signifikan perkembangan kognitif anak sebelum dan sesudah melakukan permainan lego. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yang menunjukkan nilai thitung = 11,46 dan pada ttabel = 1,42. Artinya terbukti bahwa terdapat Pengaruh Permainan Lego Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini di Kelompok A RA Al-Kautsar Banjar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perkembangan Kognitif; Permainan Lego; Anak Usia Dini |
Subjects: | Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Shofia Nursaadah |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 02:57 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 02:57 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97203 |
Actions (login required)
View Item |