Putri, Anggie (2024) Bimbingan keagamaan melalui metode pembiasaan dalam membentuk akhlak anak usia dini: Penelitian di RA Al-Mishbah rt02/rw11 Desa Cipadung Kecamatan Cibiru Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Cover Ara.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_NDUTT.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar isi up.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
Bab 1 coba.pdf Download (281kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
Bab 2 coba.pdf Restricted to Registered users only Download (413kB) |
||
Text (BAB III)
bab 3 coba.pdf Restricted to Registered users only Download (434kB) |
||
Text (BAB IV)
bab 4 coba.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
dapus coba.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
Abstract
Masa perkembangan anak usia dini merupakan sebuah proses pertumbuhan dan perkembangan yang bersifat dinamis dan berkelanjutan. Adanya hambatan perkembangan pada setiap aspek anak usia dini dapat memicu munculnya permasalahan-permasalahan, ragam permasalahan yang yang terlihat pada anak dini cukup kompleks, diantaranya agresivitas, kecemasan, sulit konsentrasi, gagap atau kesulitan komunikasi, menarik diri, berbohong,bergantung dan pemalu. Permasalahan pada perkembangan tersebut perlu mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat, sehingga hal tersebut tidak mengganggu pelaksanaan tugas-tugas perkembangan pada tahapan perkembangan selanjutnya. Dalam hal ini, anak usia dini masih membutuhkan bimbingan pada proses perkembangannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang perkembangan akhlak anak usia dini, untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan keagamaan dalam membentuk akhlak anak usia dini, untuk mengetahui metode pembiasaan yang diterapkan dalam bimbingan keagamaan di RA Al-Mishbah Desa Cipadung Rt 02/Rw 11 Desa Cipadung Kecamatan Cibiru Kota Bandung. Penelitian ini berdasarkan pada teori bahwa pembentukan akhlak anak usia dini bisa dipengaruhi oleh bimbingan keagamaan melalui metode pembiasaan. Teori yang digunakan adalah Social Learning Theory dari Albert Bandura yang merupakan turunan dari teori behaviorisme. Teori belajar sosial ini termasuk penerapan Teknik pemodelan yang efisien dalam membentuk perilaku yang diinginkan pada anak usia dini (TK). Yang mana teori ini mempunyai dua tahap, yaitu tahap Condioning (pembiasaan merespon) dan tahap Imitation (peniruan). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data digunakan Teknik observasi dan wawancara. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis untuk mendapatkan hasil dan ditarik menjadi sebuah simpulan hasil penelitian. Digunakannya metode ini karena peneliti ingin menjelaskan dan mengambarkan tentang fenomena terkait. Penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan keagamaan melalui metode pembiasaan dalam membentuk akhlak anak usia dini di RA Al-Mishbah Desa Cipadung RT 02/ RW 11 Kecamatan Cibiru Kota Bandung sudah berjalan dengan baik dan efektif. Pelaksanaan bimbingan keagamaan dilakukan dengan menanamkan nilai-nilai keagamaan yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadits. Bimbingan keagamaan yang diberikan sebagai salah satu upaya untuk membantu membantu membentuk akhlak anak usia dini.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bimbingan keagamaan; metode pembiasaan; akhlak anak usia dini |
Subjects: | Moral Theology Religious Education Islam > Islamic Religious Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling Educational Institutions, Schools and Their Activities > Educational Buildings, Physical Plants of School |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Anggie Radika Putri |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 07:33 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 07:33 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97248 |
Actions (login required)
View Item |