Pemberdayaan masyarakat Islam melalui program Halaman Rumah Bermanfaat Terpadu (Harum Madu) : Studi deskriptif di Desa Mekarsari Kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut

Fauziah, Rahma Nur (2024) Pemberdayaan masyarakat Islam melalui program Halaman Rumah Bermanfaat Terpadu (Harum Madu) : Studi deskriptif di Desa Mekarsari Kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (283kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf

Download (67kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy

Abstract

Program Halaman Rumah Bermanfaat Terpadu (Harum Madu) yang ada di Desa Mekarsari, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut merupakan upaya pemberdayaan masyarakat yang bertujuan meningkatkan ketahanan pangan dan perekonomian masyarakat. Dinas Pertanian Kabupaten Garut, yang merupakan bagian dari Pemerintah Kabupaten Garut, mendorong program halaman rumah bermanfaat terpadu (Harum Madu) sebagai inisiatif untuk mendukung ketahanan pangan di masyarakat. Sebagai bagian dari upaya ini, setiap wilayah di Kabupaten Garut berkompetisi dalam pembangunan Harum Madu, termasuk di Desa Mekarsari, Kecamatan Bayongbong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana berjalannya program Harum Madu, bagaimana pemberdayaan masyarakat melalui program Harum Madu, dan mengetahui hasil dari pemberdayaan masyarakat melalui program Harum Madu. Teori yang digunakan adalah teori pemberdayaan yang dikemukakan oleh Mardikanto. Teori ini membahas tentang pemberdayaan masyarakat memberikan kerangka kerja yang komprehensif mengenai bagaimana sebuah program berjalan sesuai tujuan dengan meliputi adanya sebuah proses dalam perberdayaan dan mencapai hasil dari program tersebut. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti ialah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan keabsahan data ini menggunakan triangulasi. Dan analisis data ini dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program Harum Madu yang ada di Desa Mekarsari berhasil mengimplementasikan Langkah-langkah yang diperlukan untuk memberdayakan masyarakat sekitar. Hasil dari pemberdayaan masyarakat melalui program halaman rumah bermanfaat terpadu (Harum Madu) adalah meningkatnya kesadaran akan pentingnya ketahanan pangan di setiap keluarga dan meningkatnya kesejahteraan masyarakat. Dengan demikian, jika pemberdayaan masyarakat melalui suatu program yang dengan melihat keberjalanan program, pemberdayaan masyarakat melalui program dan hasil dari program tersebut, maka pemberdayaan masyarakat dapat optimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat; Harum Madu
Subjects: Islam > Islam and Economics
Communities > Specific Kinds of Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nur Fauziah Rahma
Date Deposited: 09 Sep 2024 07:55
Last Modified: 09 Sep 2024 07:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97344

Actions (login required)

View Item View Item