Irhamdani, Muhammad (2024) Manajemen strategi pondok pesantren dalam meningkatkan kualitas santri menghafal Al-Qur'an: Studi deskriptif di Pondok Pesantren Tahfidz Daarul Qur'an: Studi deskriptif di Pondok Pesantren Tahfidz Daarul Qur’an Tangerang Banten. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
cover.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRACT)
abstract .pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi .pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
bab1.pdf Download (262kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
bab 2 .pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) |
||
Text (BAB III)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (531kB) |
||
Text (BAB IV)
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (671kB) |
Abstract
Salah satu program utama di Pondok Tahfidz Daarul Qur'an adalah menghafal Al-Qur'an, yang harus dihafal oleh setiap santri. Para santri Daarul Qur'an sering menghadapi tantangan dan kesulitan dalam proses menghafal Al-Qur'an. Para siswa menghadapi tekanan waktu yang besar karena mereka harus membagi waktu mereka antara tugas sekolah dan menghafal Al-Qur'an. Akibatnya, jumlah waktu yang harus dihabiskan untuk mempelajari ayat-ayat suci sangat terbatas. Dengan mempertimbangkan situasi ini, pondok pesantren tentunya harus mengelola rencana untuk meningkatkan kualitas hafalan santri mereka dan menemukan cara untuk meningkatkan hafalan Al-Qur'an semua siswa untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Formulasi Strategi Pondok Pesantren Tahfidz Daarul Qur’an Tangerang Banten dibentuk, bagaimana Strategi tersebut digunakan, dan bagaimana Strategi tersebut dievaluasi. Menurut Fred R. David (2011:6), manajemen strategis adalah pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengenali, menilai, dan menyesuaikan garis pemikiran fungsional yang memungkinkan sebuah organisasi untuk mencapai tujuannya.Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metodologi yang digunakan dalam penelitian ini menggabungkan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode deskriptif digunakan untuk memberikan informasi fakta dan karakteristik populasi dengan cara yang akurat dan obyektif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pengamatan, dokumentasi, dan konsultasi dengan para ahli Pondok Pesantren Tahfidz Daarul Qur’an. Formulasi Strategi Pondok Pesantren Tahfidz Daarul Qur'an berupaya meningkatkan kualitas pendidikan melalui program berjenjang seperti kelas Mubtadi, Tahsin, dan Tahfidz untuk membantu santri mencapai target hafalan secara efektif. Implementasi strategi di Pondok Pesantren Tahfidz Daarul Qur'an mencakup pendekatan yang berfokus pada pengembangan kemampuan hafalan Al-Qur'an para santri. Evaluasi strategi di Pondok Pesantren Tahfidz Daarul Qur'an menunjukkan dedikasi kuat terhadap pendidikan Al-Qur'an. Tujuan dari proses evaluasi ini untuk memastikan pencapaian target hafalan tetapi juga meningkatkan kualitas bacaan dan pemahaman santri. Kata Kunci : Manajemen, Strategi, Penghafalan Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen; Strategi; Penghafalan Al-Qur’an |
Subjects: | Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah |
Depositing User: | Irhamdani Muhammad |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 23:51 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 23:51 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97373 |
Actions (login required)
View Item |