Haliza, Nurul (2024) Hubungan kualitas pelayanan koleksi perpustakaan dengan kepuasan pemustaka: Penelitian di Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (331kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (430kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (529kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (60kB) | Request a copy |
Abstract
Layanan perpustakaan dituntut untuk memberikan pelayanan yang memuaskan bagi masyarakat karena kepuasan merupakan kunci keberhasilan atas pelayanan yang diberikan. Berdasarkan jenis pelayanannya, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Jawa Barat memiliki pelayanan koleksi. Pada layanan koleksi bahan bacaan, pemustaka seringkali sulit untuk menemukan buku di rak, hal ini terjadi karena data koleksi buku yang ada di OPAC (online Public Access Catalog) tidak relevan dengan jumlah buku yang tersedia di perpustakaan itu sendiri. Sehingga Ketika pemustaka mencari sumber yang dituju, tak jarang keterangannya tersedia, namun ketika dicari langsung ke rak buku tersebut tidak ditemukan. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui bagaimana Kualitas Pelayanan koleksi Perpustakaan di Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Barat, 2) Mengetahui Kepuasan Pemustaka di Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Barat, 3) Menganalisis Hubungan kualitas pelayanan koleksi perpustakaan dengan kepuasan pemustaka di Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif studi riset dengan metode es post facto. Data penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 99 responden. Data dianalisis melalui tahapan yang terdiri dari uji coba instrumen penelitian (uji validitas dan uji reliabilitas), uji analisis statistik (analisis parsial per indikator dan interpretasinya), uji prasyarat (uji normalitas dan linearitas), dan uji hipotesis (uji korelasi dan uji koefisien determinasi). Berdasarkan hasil pengujian secara statistik menunjukan perhitungan, 1) Kualitas Pelayanan Koleksi Perpustakaan di Perpustakan Daerah Provinsi Jawa Barat berada pada kualifikasi “sangat tinggi” karena berdasarkan pada perhitungan yang telah dilakukan, nilai rata-rata keseluruhan variabel Kualitas Pelayanan Koleksi (X) adalah 4,40. 2) Kepuasan Pemustaka di Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Barat, berada pada kualifikasi “sangat tinggi” karena berdasarkan pada perhitungan yang telah dilakukan nilai rata-rata keseluruhan variabel Kepuasan Pemustaka (Y) adalah 4,26. 3) Berdasarkan hasil penelitian mengungkapkan bahwa hasil uji korelasi bernilai 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara dua variabel dalam penelitian ini. Penelitian ini mendapatkan nilai pearson correlation sejumlah 0,782, yang mempunyai lambang (+) dan tidak memiliki lambang (-) pada nilai yang dihasilkan. Jadi, variabel dalam penelitian ini mempunyai hubungan yang searah dan kuat sebab berada pada tingkatan interval 0,60-0,799. Hal ini dapat dibuktikan juga berdasarkan uji koefisiensi determinasi, diperoleh hasil sebesar 0,502 yang bermakna bahwa kualitas pelayanan koleksi perpustakaan dengan kepuasan pemustaka di Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Barat sebesar 50,2 % dan 49,8 % diHubungani oleh faktor lain di luar penelitian.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan; Koleksi; Kepuasan Pemustaka |
Subjects: | Library and Information Sciences > Library Research Operations, Archieves, Information Centers > Service to Users General Management > Control and Quality Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Nurul haliza |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 08:20 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 08:20 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97394 |
Actions (login required)
View Item |