Pemberitaan kasus kejahatan pada media daring : Analisis wacana berita Kasus Pembunuhan Istri di Ciamis pada kanal hukum dan kriminal detikjabar edisi Mei 2024

Gunawan, Milda Narulita (2024) Pemberitaan kasus kejahatan pada media daring : Analisis wacana berita Kasus Pembunuhan Istri di Ciamis pada kanal hukum dan kriminal detikjabar edisi Mei 2024. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (507kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)

Abstract

Berita yang paling banyak diminati dan dianggap penting oleh khalayak adalah tentang bencana dan kriminal. Khalayak mempunyai kebutuhan dasar manusia tentang keselamatan kaumnya. Kanal Hukum dan Kriminal detikJabar mampu menunjukkan betapa pentingnya informasi terkait kemanusiaan. Kasus pembunuhan istri di Ciamis pada kanal Hukum dan Kriminal detikJabar edisi Mei 2024 paling banyak dimuat beritanya dan paling banyak pembacanya, dilihat dari tag terpopuler di kanal detikJabar kasus pembunuhan istri di Ciamis menempati posisi pertama dengan hastag “suami mutilasi istri di ciamis”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana wacana pemberitaan kasus kejahatan pada media daring, khususnya kasus pembunuhan istri di Ciamis pada kanal Hukum dan Kriminal detikJabar edisi Mei 2024 yang menganalisis struktur makro, superstruktur, dan struktur mikro. Penelitian ini menggunakan metode analisis wacana model Teun A. Van Dijk, dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan paradigma konstruktivisme. Dari analisis wacana model Teun A. Van Dijk, penelitian ini melihat dan mengamati beberapa elemen diantaranya; tematik, skematik, semantik, sintaksis, stilistik, dan retoris pada teks berita yang disajikan redaksi detikJabar pada kanal Hukum dan Kriminal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pemberitaan kasus pembunuhan istri di Ciamis pada kanal Hukum dan Kriminal detikJabar ditemukan: (1) pada struktur makro, seluruh pemberitaan mengangkat topik terkait permasalahan dan tindakan yang diambil dalam kasus pembunuhan istri di Ciamis (2) pada superstruktur, dalam penulisan berita redaksi menggunakan gabungan skema summary (ringkasan) dan story (cerita) yang diterapkan melalui penulisan berita dengan kategori berita langsung atau straight news (3) pada struktur mikro, elemen semantik, sintaksis, stilistik, dan retoris tertuang dalam teks berita yang ditujukan untuk menekankan informasi yang ingin disampaikan redaksi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Analisis Wacana; Pemberitaan; Kasus Kejahatan
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Milda Narulita
Date Deposited: 10 Sep 2024 01:21
Last Modified: 10 Sep 2024 01:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97439

Actions (login required)

View Item View Item