Penerapan metode pembelajaran praktikum berbantu Olabs terhadap keterampilan berpikir analitis siswa SMA pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan

Maulida, Salma Aulia (2024) Penerapan metode pembelajaran praktikum berbantu Olabs terhadap keterampilan berpikir analitis siswa SMA pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Bab 1.pdf

Download (442kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text (BAB III)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[img] Text (BAB V)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)

Abstract

Keterampilan berpikir analitis perlu ditingkatkan setiap siswa, salah satu cara dengan menerapkan metode pembelajaran praktikum. Tujuan penelitian untuk mengukur keterampilan berpikir analitis siswa pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan setelah diterapkannya metode pembelajaran praktikum berbantu olabs. Penelitian pre-experiemental menggunakan desain one group pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan terdapat adanya peningkatan rata-rata antara nilai pretest sebesar 38 dan posttest sebesar 71,64. Nilai N-Gain mendapatkan nilai sebesar 0,54 dan dikategorikan sedang. Keterlaksanaan proses pembelajaran dan respon siswa terhadap pembelajaran mempengaruhi keterampilan berpikir analitis siswa. Keterlaksanaan proses pembelajaran dapat disimpulkan berjalan sesuai rencana yang telah disusun sebelumnya. Sedangkan respon siswa terhadap metode pembelajaran praktikum berbantu olabs dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Pemanfaatan olabs pada praktikum biologi materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan dapat meningkatkan keterampilan berpikir analitis yang dimiliki siswa pada materi pertumbuhan dan perkembangan, hal tersebut disebabkan oleh pemberian permasalahan kepada siswa, sehingga siswa dapat memecahkan permasalahan yang diberikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Olabs; Praktikum; Keterampilan Berpikir Analitis; Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan
Subjects: Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: \ Salma Aulia Maulida
Date Deposited: 10 Sep 2024 03:48
Last Modified: 10 Sep 2024 03:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97483

Actions (login required)

View Item View Item