Pemberdayaan masyarakat melalui Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Bandung Barat: Studi kasus pembudidayaan jamur

Fawaz, Deliar Ahmad (2024) Pemberdayaan masyarakat melalui Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Bandung Barat: Studi kasus pembudidayaan jamur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (139kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (793kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy

Abstract

Kesejahteraan merupakan tujuan utama bagi setiap individu, yang dapat dicapai melalui kemerdekaan ekonomi. Namun, masyarakat Indonesia masih menghadapi berbagai masalah seperti kemiskinan dan pengangguran. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan peningkatan lapangan pekerjaan dan pengembangan sumber daya manusia yang unggul. Salah satu lembaga yang berperan dalam mengatasi masalah ini adalah BPVP Bandung Barat. BPVP Bandung Barat memberikan pelatihan yang bertujuan meningkatkan keterampilan dan kompetensi masyarakat, khususnya di bidang agrobisnis seperti pembudidayaan jamur. Pelatihan ini diharapkan dapat mengurangi angka pengangguran, meningkatkan kesejahteraan, dan mendorong pertumbuhan ekonomi dengan menciptakan wirausaha mandiri yang berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelatihan pembudidayaan jamur di BPVP Bandung Barat serta target keberhasilan dari pelatihan tersebut. Landasan pemikiran mengacu pada teori yang dikemukakan oleh Agus Ahmad Safei dalam buku Sosiologi Islam, Pemberdayaan dan pengembangan masyarakat merujuk pada pengertian membangun, membina, serta meningkatkan kualitas (Safei, 2018: 147). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan paradigma konstruktivisme serta pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumen, dengan informan dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Validitas data diuji melalui triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberdayaan melalui Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Bandung Barat memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan produktivitas dan membuka lapangan pekerjaan baru bagi peserta yang telah mengikuti pelatihan. BPVP Bandung Barat tidak hanya memberikan pelatihan yang komprehensif tetapi juga mendapatkan target keberhasilan yang jelas untuk memastikan bahwa para peserta mencapai kompetensi yang diperlukan. BPVP Bandung Barat tidak hanya berfokus pada peningkatan keterampilan teknis, tetapi juga pada pengembangan kemampuan wirausaha peserta, yang pada akhirnya berkontribusi pada pengurangan angka pengangguran dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Pelatihan; Kesejahteraan
Subjects: Labor Economics > Job Vacancies
Social Welfare, Problems and Services
Social Welfare, Problems and Services > Social Welfare in Indonesia
Specific Techniques of Agriculture > Plant Propagation
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Deliar Ahmad Fawaz
Date Deposited: 10 Sep 2024 03:09
Last Modified: 10 Sep 2024 03:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97520

Actions (login required)

View Item View Item