Pengaruh bimbingan pribadi-sosial terhadap penyesuaian diri santri di Pondok Pesantren Al-Aqsha : Penelitian pada santri kelas VII Pondok Pesantren Al-Aqsha Jatinangor

Puspita, Dita Salsa (2024) Pengaruh bimbingan pribadi-sosial terhadap penyesuaian diri santri di Pondok Pesantren Al-Aqsha : Penelitian pada santri kelas VII Pondok Pesantren Al-Aqsha Jatinangor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab 1.pdf

Download (330kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy

Abstract

Masa remaja merupakan periode transisi yang penuh dinamika, di mana individu mengalami perubahan fisik, emosional, dan sosial yang signifikan. Bagi remaja yang menempuh pendidikan di pesantren, proses penyesuaian diri menjadi lebih kompleks karena adanya perbedaan lingkungan dan tuntutan yang spesifik. Lingkungan pesantren yang menekankan nilai-nilai agama, disiplin, dan kehidupan komunal menuntut adaptasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan lingkungan sekolah umum. Oleh karena itu bimbingan pribadi-sosial memainkan peran penting dalam membantu remaja, khususnya santri, untuk beradaptasi dengan lingkungan pesantren. Bimbingan tersebut tidak hanya membantu mengatasi tantangan emosional dan sosial, tetapi juga dalam membentuk karakter dan nilai-nilai keagamaan yang kuat. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui adakah pengaruh bimbingan pribadi-sosial terhadap penyesuaian diri santri kelas VII di pondok pesantren al-aqsha. Kerangka pemikiran dituangkan dalam bentuk desain penelitian yang akan digunakan untuk menetapkan indikator-indikator dalam pembuatan instrument penelitian. Desain penelitian melibatkan dua variabel, yaitu variabel bebas berupa bimbingan pribadi-sosial (X) dan variabel terikat yaitu penyesuaian diri (Y). Berdasarkan aspek-aspek dari variabel bimbingan pribadi-sosial menurut winkel dalam bimbingan pribadi-sosial ada beberapa indikator yaitu penyesuaian emosisonal, perwatan jasmani, pengsisian waktu luang, pengelolaan energi seksual, hubungan dengan lingkungan sosial dan mengembangkan spritulitas diri, serta aspek-aspek dari penyesuaian diri Menurut Fatimah membagi menjadi dua aspek, yaitu penyesuaian pribadi dan sosial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi linear sederhana sebagai desain penelitiannya. Populasi dan sampel yaitu sebanyak 30 orang, metode pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh, artinya teknik yang digunakan untuk pemilihan sampel apabila semua anggota dijadikan sampel. Hasil uji hipotesis dalam penelitian yaitu sig. 0,004 < 0.05. Maka, berdasarkan pengambilan keputusan ujihipotesis yaitu nilai sig 0.004 lebih kecil dari 0.05 artinya menerima H1 artinya terdapat pengaruh bimbingan pribadi-sosial. Adapun nilai koefisien determinasi sebsar 0,258 atau sama dengan 25,8% yang memiliki arti bahwa pengaruh bimbingan pribadi-sosial terhadap penyesuaian diri santri sebesar 25.8%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Pribadi-Sosial; Penyesuaian Diri; Santri;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Dita Salsa Puspita
Date Deposited: 10 Sep 2024 08:21
Last Modified: 10 Sep 2024 08:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97718

Actions (login required)

View Item View Item