Kontribusi koperasi Nelayan Laut Mina Saluyu dalam meningkatkan ekonomi masyarakat nelayan: Studi kasus di masyarakat nelayan Desa Mayangan Kecamatan Legon Kulon Kabupaten Subang

Romdon, Anita Aulia (2024) Kontribusi koperasi Nelayan Laut Mina Saluyu dalam meningkatkan ekonomi masyarakat nelayan: Studi kasus di masyarakat nelayan Desa Mayangan Kecamatan Legon Kulon Kabupaten Subang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak .pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi .pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)

Abstract

Mayoritas masyarakat Desa Mayangan bekerja sebagai nelayan, namun kesejahteraan mereka masih perlu diperhatikan. Untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, dibentuklah Koperasi Mina Saluyu. Meskipun demikian, terdapat ketidaksesuaian dalam pendapatan, sehingga kemiskinan masih dialami oleh sebagian nelayan, terutama ketika musim barat tiba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme strategi serta hasil yang dicapai dari koperasi Mina Saluyu dalam meningkatkan perekonomian nelayan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori struktural fungsional menjelaskan bagaimana berfungsinya suatu struktur. Setiap struktur (mikro seperti persahabatan, meso seperti organisasi dan makro seperti masyarakat) akan tetap ada sepanjang ia memiliki fungsi. Ada empat fungsi penting yang dibutuhkan bagi semua sistem sosial yaitu, Adaptation (A) Koperasi harus beradaptasi dengan lingkungan alam dan sosial yang berubah artinya harus menyesuaikan dengan lingkungannya, Goal Attaiment (G) Koperasi nelayan harus memiliki tujuan yang sama, Integration (I) Koperasi harus mengatur hubungan antara anggotanya dan mengkoordinasikan kegiatan untuk mencapai tujuan bersama artinya kerja sama, Latency (L) Koperasi harus memelihara dan memperbarui motivasi anggotanya serta pola budaya yang mendukung tujuan koperas, empat fungsi tersebut wajib dimiliki oleh semua sistem agar tetap bertahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data primer diperoleh dan melalui wawancara. Adapun yang termasuk dalam data primer ini yaitu hasil wawancara dengan masyarakat dan lembaga pemerintah desa, dan data sekunder diperoleh dari literature yang berkaitan dan relevan dengan masalah yang ditelit. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisisnya diperoleh melalui pengumpulan data yang kemudian dilakukan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pandangan masyarakat nelayan mengenai kontribusi koperasi Nelayan Laut Mina Sakuyu sebagian besar positif, karena memberikan manfaat sosial dan ekonomi, serta membantu mengurangi masalah ekonomi akibat musim barat dengan adanya tabungan SHU, dan adanya aplikasi untuk mendeteksi situasi ombak laut, selain itu koperasi selalu mengajukan proposal untuk meminta bantuan maupun mengusulkan pelatihan dan pendidikan bagi nelayan. Walau demikian, perlu ada peningkatan kesadaran masyarakat nelayan mengenai pelelangan karena masih banyak para nelayan yang menjual hasil ikan kepada para bakul akibat dari waktu yang kurang fleksibel.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ekonomi Nelayan; Koperasi Nelayan Laut; Masyarakat Nelayan
Subjects: Culture and Institutions > Economic Institutions
Cooperative
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Anita Aulia Romdon
Date Deposited: 11 Sep 2024 06:49
Last Modified: 11 Sep 2024 06:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97829

Actions (login required)

View Item View Item