Zainab, Khoirunnisa Shidqiyyah (2018) Pendidikan keluarga dalam Al-Quran surat Ali-Imran ayat 33-34 (Analisis Ilmu Pendidikan Islam. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (493kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (45kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (560kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) | Request a copy |
Abstract
Kajian tematik ini utamanya berpijak pada Al-Quran surat Ali-Imran ayat 33-34, Allah telah putuskan untuk memilih beberapa dari hambanya (Keluarga Nabi Adam a.s, Keluarga Nabi Nuh a.s, Keluarga Nabi Ibrahim a.s, dan Keluarga Imran r.a) untuk dijadikan manusia pilihan yang akan menyampaikan misi ketauhidan ke suluruh penjuru bumi, sebagai implementasi dari kata khalifah. Dari keempat nama-nama hamba pilihan Allah, ternyata ada dua kategori yang dipilih oleh Allah, pertama: Allah memilihnya secara personal seperti Nabi Adam dan Nabi Nuh dan kedua: Allah memilihnya secara kelompok yang ditunjukan kepada keluarganya dan generasi penerus keturunannya, seperti Keluarga Ibrahim dan Keluarga Imran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pendidikan keluarga dalam Al-Quran surat Ali-Imran ayat 33-34 mengenai kandungan ayat. (2) Pendidikan keluarga dalam Al-Quran surat Ali-Imran ayat 33-34 menurut para mufassir. (3) Pendidikan keluarga dalam Al-Quran surat Ali-Imran ayat 33-34 Perspektif Ilmu Pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan metode penelitian deskriptif, dari keseluruhan data yang terkumpul kemudian di analisis yang bersifat kualitatif dengan menggunakan metode (content analysis). Penerapan metode content analysis yaitu menganalisis kandungan beserta tafsiran Al-Quran surat Ali-Imran ayat 33-34 tentang Keluarga Nabi Adam a.s, Keluarga Nabi Nuh a.s, Keluarga Nabi Ibrahim a.s, dan Keluarga Imran r.a. Hasil penelitian menunjukan bahwa, Pendidikan keluarga dalam Al-Quran surat Ali-Imran ayat 33-34 tentang Keluarga Nabi Adam a.s, Keluarga Nabi Nuh a.s, Keluarga Nabi Ibrahim a.s, dan Keluarga Imran r.a: (1) Tujuan Pendidikan, menjadi muslim yang taat dan patuh kepada Allah swt, menjadi imam bagi para muttaqin, dan teladan bagi yang lain. (2) Pendidik, Nabi Adam a.s, Nabi Nuh a.s, Nabi Ibrahim a.s, Imran r.a. (3) Peserta Didik, Nabi Adam a.s : Isterinya, Hawa. Anaknya Qabil dan Iqlima, Habil dan Labuda, dan anak terakhir mereka adalah Abdu al-Mugist dan Ammatu al-Mugist, Nabi Nuh a.s : Isterinya bernama Amrah, dikaruniai 6 orang anak, 3 putra dan 3 putri: Sam, Ham, Yafus, Haswah, Sarah, dan Bahyurah. Dan isterinya Wal’ab binti ‘Ajuwel dikaruniai 2 putra Balus dan Kan’an, Nabi Ibrahim a.s : Isterinya Sarah dan Hajar, Anaknya Ishaq dan Ismail dan Imran r.a, isterinya Hanna dan Anaknya Maryam. (4) Metode Pendidikan, Uswah Hasanah (keteladanan), Nasihat, Dialog, Adu Argumen, Pembiasaan, Dakwah, Janji dan Ancaman. (5) Materi Pendidikan, Mengajarkan Aqidah Tauhid, Ibadah, Tazkiyatun Nufus, dan Akhlaqul Karimah. (6) Lingkungan Pendidikan, Nabi Adam a.s : Hindia dan Arab, Nabi Nuh a.s : Mushal (Bukit Judi), Nabi Ibrahim a.s : Faddam A’ram, Palestina, dan Hijaz (Mekkah), dan Keluarga Imran r.a : Yerusalem.
Actions (login required)
View Item |