Penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Times Game Tournament (TGT) Berbantuan Ludo untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Materi Gerak Lurus

Mustarsidin, Cucu (2018) Penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Times Game Tournament (TGT) Berbantuan Ludo untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Materi Gerak Lurus. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi & Kata Pengantar.pdf

Download (813kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (830kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Teams Game Tournament (TGT) dengan berbantuan ludo. Pelaksanaan penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya ketercapaian maksimal hasil belajar peserta didik pada materi gerak lurus kelas X MA Assa’adah. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe TGT dengan berbantuan Ludo. Desain penelitian ini adalah one-group pretest-posttest design dengan subyek penelitian 37 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga pertemuan dengan materi gerak lurus, masing-masing pertemuan meliputi empat tahap: (1) tahap presentasi; (2) tahap kegiatan kelompok; (3) tahap game dan turnamen; (4) tahap rekognisi tim. Penerapan model pemelajaran Cooperative Learning tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat pada peningkatan hasil belajar peserta didik aspek kognitif dari nilai rata-rata pretest sebesar 18.00 menjadi 71.00 pada posttest. Untuk aktivitas peserta didik seluruh pertemuan diperoleh rata-rata presentase sebesar 69% berada pada kategori baik. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning tipe TGT denga berbantuan ludo dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi gerak lurus di kelas X MA Assa’adah Tasikmalaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning; Games; ludo; kemampuan kognitif; gerak lurus
Subjects: Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Nadia Lailan Najah
Date Deposited: 28 Jun 2018 07:15
Last Modified: 28 Jun 2018 07:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/9789

Actions (login required)

View Item View Item