Tinjauan hukum ekonomi syariah dalam pengelolaan premi asuransi program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan di kantor cabang Kota Bandung

Sari, Soca Lugia (2024) Tinjauan hukum ekonomi syariah dalam pengelolaan premi asuransi program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan di kantor cabang Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK (2).pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (536kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy

Abstract

Berbicara tentang jaminan Negara terhadap rakyatnya maka tidak terlepas dari masalah kesehatan. hal ini disebabkan masalah kesehatan merupakan hal yang paling sering dialami oleh setiap lapisan masyarakat. Untuk itu lewat BPJS kesehatan Negara mencoba menanggulangi masalah kesehatan. Namun pada penerapannya permasalahan yang dirasakan oleh masyarakat tidak sesuai harapan seperti hal nya saat melakukan klaim dimana terdapat kendaladalam prosesnya sedangkan dalam ajaran islam bahwa sudahkewajiban hak seseorang untuksegera ditunaikan selama kewajiban nya telah ditunaikan berdasar kan hal tersebut akad yang diterapkan sudah seharusnya memenuhi unsur kejelasan dan tidak mengandung unsur gharar dan dzolim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme pengelolaan iuran asuransi pada program BPJS Kesehatan di Kota Bandung. dan meninjau Hukum Ekonomi Syari’ah tentang praktik pengelolaan dana iuran tersebut. Kerangka berpikir penelitian ini didasarkan pada Konsep Islam tentang jaminan sosial berasal dari ayat-ayat al-Qur‟an (Q.S Al maidah 5;2) dan al-Hadits (H.R. Muslim) Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis empiris yang bersifat deskriptif analitis dengan menggunakan data kualitatif serta sumber data primer san sekunder. Sedangkan langkah-langkah penelitian menggunakan studi kepustakaan, studi lapangan dan studi dokumemtasi. data diolah dan dianalisis sesuai dengan kondisi dilapangan. Yang berkaitan dengan masalah penelitian. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Pertama, Pengelolaan iuran BPJS kesehatan pada dasarnya belum sesuai dengan prinsip-prinsip Syariah islam karena terdapat unsur gharar dan dzolim didalamnya. Serta masih berupa asuransi konvensional juga bekerja sama dengan bank konvensional sehingga terdapat adanya penambahan dana atau bunga yang tidak sesuai dengan syariah islam.Kedua, Mekanisme pengelolaan iuran BPJS Kesehatan juga diatur dengan jelas dalam pedomana dan peraturan perungdang-undangan yang dikeluarkan oleh BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan memberikan manfaat bagi para pesertanya berupa pelayanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau. BPJS Kesehatan memberikan berbagai kemanfaatan yang signifikan bagi para pesertanya, seperti pelayanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau, akses yang luas, biaya yang relatif rendah, dan manfaat tambahan lainnya. Program ini tidak hanya bermanfaat bagi individu, tetapi juga memberikan dampak positif bagi masyarakat secara keseluruhan. Oleh karena itu, penting bagi seluruh masyarakat untuk mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Kesehatan agar dapat menikmati manfaatnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan;iuran;hukum;islam;
Subjects: Insurance > Claims Insurance
Insurance > Government Sponsored Insurance
Insurance > Insurance in Indonesia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Soca Lugia Sari
Date Deposited: 26 Sep 2024 00:59
Last Modified: 26 Sep 2024 02:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97921

Actions (login required)

View Item View Item