Layanan bimbingan rohani islam untuk meningkatkan Self Control pada perilaku kenakalan remaja : Penelitian pada siswa binaan di UPTD Pusat Pelayanan Sosial Griya Bina Karsa Bogor

Fitriyani, Laily Ahadian (2024) Layanan bimbingan rohani islam untuk meningkatkan Self Control pada perilaku kenakalan remaja : Penelitian pada siswa binaan di UPTD Pusat Pelayanan Sosial Griya Bina Karsa Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (628kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (828kB) | Request a copy
[img] Text (BBA III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
9_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku kenakalan remaja menjadi tantangan utama yang dihadapi UPTD Pusat Pelayanan Sosial Griya Bina Karsa. Laporan Tahunan 2023 mencatat 189 klien total, dengan 72 orang masih dalam pembinaan hingga akhir Desember, berasal dari 19 Kabupaten/Kota di Jawa Barat. Penelitian mengungkapkan berbagai jenis pelanggaran yang ditangani, termasuk pencurian, pengeroyokan, kekerasan, asusila, dan penyalahgunaan narkotika. Mayoritas klien berusia 12-21 tahun. Situasi ini menuntut upaya rehabilitasi dan pembinaan yang intensif dari UPTD, serta menjadi perhatian serius bagi pemerintah daerah dan masyarakat setempat dalam upaya mengatasi kenakalan remaja. Tujuan penelitian ini yaitu untuk: (1) mengetahui kondisi self control siswa binaan di UPTD Pusat Pelayanan Sosial Griya Bina Karsa (2) mengetahui proses layanan bimbingan rohani Islam untuk meningkatkan yang diberikan kepada siswa binaan di UPTD Pusat Pelayanan Sosial Griya Bina Karsa (3) mengetahui hasil layanan bimbingan rohani Islam untuk meningkatkan self control pada perilaku kenakalan remaja di UPTD Pusat Pelayanan Sosial Griya Bina Karsa. Bimbingan rohani Islam ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan self control pada siswa binaan yang memiliki perilaku kenakalan remaja. Melalui pendekatan spiritual yang berlandaskan Al-Qur’an dan hadist, siswa binaan diajak untuk memahami nilai-nilai Islam secara mendalam, yang diharapkan dapat menjadi landasan dalam pengendalian diri dan pengambilan keputusan yang lebih baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakannya yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian akan di analisis dan ditarik menjadi sebuah kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) self control siswa binaan di UPTD Griya Bina Karsa rendah akibat faktor keluarga, lingkungan, dan pendidikan, sehingga diperlukan program pembinaan intensif untuk meningkatkan pengendalian diri mereka (2) layanan bimbingan rohani Islam di UPTD Pusat Pelayanan Sosial Griya Bina Karsa dilakukan secara intensif dengan fokus pada penguatan iman dan pengelolaan emosi untuk memperbaiki perilaku kenakalan remaja (3) program bimbingan rohani Islam di UPTD Pusat Pelayanan Sosial Griya Bina Karsa menunjukkan dampak positif dalam meningkatkan self control remaja dan kesiapan mereka menerapkan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Rohani Islam; Perilaku Kenakalan Remaja: Self Control
Subjects: Islam > Da'wah
Islam > Islamic Religious Education
Criminology > Crime in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Laily Ahadian Fitriyani
Date Deposited: 13 Sep 2024 03:04
Last Modified: 13 Sep 2024 03:04
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98045

Actions (login required)

View Item View Item