Rahayu, Nabila Sri (2024) Peran guru bimbingan konseling dalam mengambil keputusan karier siswa SMA: Penelitian pada siswa kelas XII SMA Muhammadiyah 2 Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (410kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (652kB) | Request a copy |
||
Text (BAB II)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_dartarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (475kB) | Request a copy |
Abstract
Bimbingan Konseling berfungsi sebagai elemen kunci dalam pengembangan potensi individu, memfasilitasi proses eksplorasi dan perencanaan karier dengan memberikan informasi, dukungan, dan arahan yang diperlukan untuk membuat keputusan karier yang tepat. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peran guru bimbingan konseling dalam mengambil keputusan karier siswa kelas XII SMA Muhammadiyah 2 kabupaten Bandung, dan untuk mengetahui hasil dari bimbingan konseling pada peningkatan keputusan karier siswa kelas XII SMA Muhammadiyah 2 kabupaten Bandung. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengevaluasi peran guru Bimbingan Konseling (BK) dalam membantu siswa kelas XII SMA Muhammadiyah 2 Kabupaten Bandung dalam pengambilan keputusan karier. Melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, penelitian ini mengumpulkan data dari guru BK dan siswa untuk mendalami proses bimbingan karier di sekolah tersebut. Metode analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian mengidentifikasi berbagai teori yang relevan dalam peran guru Bimbingan Konseling (BK) serta teori pengambilan keputusan, dengan fokus pada bagaimana teori-teori ini dapat digunakan untuk mempersiapkan siswa menghadapi masa depan mereka. Studi ini mengkaji teori-teori utama dalam bimbingan konseling, termasuk teori peran guru BK dalam memberikan dukungan, bimbingan, dan informasi yang diperlukan siswa dalam merencanakan karir dan pendidikan lanjutan. Selain itu, penelitian ini mengeksplorasi teori pengambilan keputusan yang mempengaruhi cara siswa membuat pilihan karir dan pendidikan. Selain itu, bimbingan konseling yang berbasis Islam dan penggunaan strategi komunikasi modern, termasuk pencarian informasi mandiri, berkontribusi pada pengembangan keputusan karier yang matang dan realistis. Temuan penelitian menunjukkan bahwa dukungan guru BK sangat krusial dalam membekali siswa dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan di dunia pendidikan tinggi atau dunia kerja.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru BK; Pengambilan Keputusan Karier |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Nabila Sri Rahayu |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 00:20 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 00:20 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98062 |
Actions (login required)
View Item |