Implementasi fungsi actuating dalam meningkatkan kualitas hafalan AL-QUR'AN: Studi DTA Al-Barzakh Desa Cileunyi Wetan,Kecamatan Cileunyi,Kabupaten Bandung

Ridiana, Muhammad Mughni (2024) Implementasi fungsi actuating dalam meningkatkan kualitas hafalan AL-QUR'AN: Studi DTA Al-Barzakh Desa Cileunyi Wetan,Kecamatan Cileunyi,Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar isi.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Bab1.pdf

Download (660kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy

Abstract

Menghafal Al-quran bukanlah sesuatu yang mudah tetapi bukan pula sesuatu yang tidak mungkin sebab pada zaman Nabi telah banyak orang yang menghafal al-quran. Para Guru sangatlah penting untuk keberhasilan para penghafal quran. Oleh karna itu, untuk dapat memenuhi tugasnya sebagai seorang guru dalam memberikan motivasi,pengarahan dan koordinasi menjadi menjadi suatu acuan terhadap keberhasilan Santri DTA Al-Barzakh dalam menghafal Al-quran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan dalam penerapan fungsi actuating dalam meningkatkan hafalan qur’an. Dari mulai Pemberian motivasi,pengarahan dan Koordinasi terhadap murid dalam meningkatkan hafalan qur’an. Penelitian ini menggunakan teori fungsi actuating (Rusli Syarif, 2011), membagi tiga fungsi actuating yaitu motivasi, bimbingan dan koordinasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif, dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, data yang telah didapat kemudian dianalisis dengan tahapan yaitu reduksi data, display data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini bahwa: Pertama, penerapan motivasi yang dilakukan kepala DTA berjalan dengan baik. motivasi yang diterapkan Kepala Diniyah Takmiliyah Awaliyah (DTA) Al-Barzakh beliau sangat inspiratif dalam memberikan motivasi kepada guru terhadap peningkatan tenaga kerja dengan secara nyata. Kedua, Pengarahan dan bimbingan guru kepada santri cukup efisien dan efektif dengan adanya talaqi bacaan, catatan hafalan, simaan hafalan, dan sidang tahfidz. Ketiga, Koordinasi kepala DTA dengan guru terjalin dengan baik, kepala DTA berinteraksi atau berkoordinasi secara langsung dengan wali kelas dalam membimbing dan memberi arahan agar targetan hafalan bisa tercapai. Adapun koordinasi dengan walisantri di DTA Al-Barzakh suka diadakan pertemuan dengan orang tua, di dalam pertemuan itu diberikan arahan dan bimbingan kepala DTA kepada wali santri untuk bekerjasama dalam membimbing santri agar mau mengahafal al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Fungsi Actuating; Hafalan Al-Qur’an
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu-ilmu Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kandungan Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Ridiana Mughni
Date Deposited: 13 Sep 2024 00:43
Last Modified: 13 Sep 2024 00:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98145

Actions (login required)

View Item View Item