maliki, sabila nur (2024) Persepsi siswa terhadap peran orang tua hubungannya dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian korelasi pada siswa kelas IX di SMP Nugraha Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (282kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (416kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (527kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di SMP Nugraha Kota Bandung, bahwa peran orang tua kurang terlibat dalam pendidikan anak, seperti tidak hadirnya dalam kegiatan sekolah. Menyebabkan tidak sedikit siswa kurang aktif dalam memberikan tanggapan dan kurangnya semangat dalam mengerjakan tugas pada mata pelajaran PAI. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui persepsi siswa terhadap peran orang tua pada mata pelajaran PAI kelas IX di SMP Nugraha Kota Bandung, (2) Untuk mengetahui realitas tingkat motivasi belajar siswa paa mata pelajaran PAI pada kelas IX di SMP Nugraha Kota Bandung, (3) Untuk mengetahui sejauh mana hubungan persepsi siswa terhadap peran orang tua dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas IX di SMP Nugraha Kota Bandung. Penelitian ini didasarkan pada teori bahwa persepsi siswa merupakan salah satu keadaan psikologis dalam faktor intrinsik yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Hipotesis penelitian ini didasarkan pada asumsi bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap peran orang tua dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan adalah korelasional. Sumber data yang digunakan adalah siswa kelas IX di SMP Nugraha Kota Bandung yang berjumlah 46 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner dan dokumentasi. Analisis sata dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, analisis korelasi, analisis regresi linear dan koefesien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Realitas persepsi siswa terhadap peran orang tua kelas IX di SMP Nugraha Kota Bandung termasuk ke dalam kategori positif, hal ini diketahui dari hasil rata-rata keseluruhan indikator variabel X sebesar 3,23 dan berada pada interval (2,50 – 3,24). (2) Realitas motivasi belajar siswa kelas IX di SMP Nugraha Kota Bandung termasuk ke dalam kategori tinggi, hal ini diketahui dari hasil rata-rata keseluruhan indikator variabel Y sebesar 3,01 dan berada pada interval (2,50 – 3,24). (3) Analisis pengaruh persepsi siswa terhadap peran orang tua kelas IX di SMP Nugraha Kota Bandung mempunyai koefesien korelasi sebesar 0,526 yang berada pada interval (0,51 – 0,75) artinya korelasi kedua variabel kuat. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Derajat pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y sebesar 31% sedangkan sisanya 69% dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | persepsi siswa; peran orang tua; motivasi belajar, pendidikan agama islam |
Subjects: | Islam Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sabila Nur Maliki |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 07:47 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 07:47 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98149 |
Actions (login required)
View Item |