Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Return on Equity (ROE) pada PT. Alkindo Naratama Tbk yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2013-2022

Fadillah, Bunga Nurul (2024) Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Return on Equity (ROE) pada PT. Alkindo Naratama Tbk yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER SKRIPSI-1.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
COVER SKRIPSI FIKS-7.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
COVER SKRIPSI FIKS (1).pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1 (1).pdf

Download (180kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2 BUNGA (SAT, 16 MARCH) (1) (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA (1) (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Debt to Equity Ratio (DER) danNet Profit Margin (NPM) terhadap Return On Equity (ROE) pada PT. Alkindo Naratama Tbk Debt to Equity Ratio (DER) berguna untuk mengetahui besarnya perbandingan antara jumlah dana yang disediakan oleh kreditor dengan jumlah dana yang berasal dari pemilik perusahaan, Net Profit Margin (NPM) adalah rasio sering yang digunakan untuk melihat kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan bersih setelah dipotong oleh pajak, dan Return On Equity (ROE) adalah rasio untuk mengukur laba bersih sesudah pajak dengan modal sendiri. Meskipun demikian, hasil perhitungan penulis tidak sesuai dengan harapan yang timbul dari konsep teoritis yang dilakukan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) secara parsial terhadap Return on Equity (ROE), pengaruh Net Profit Margin (NPM) secara parsial terhadap Return on Equity (ROE) dan pengaruh Debt to Equity Ratio (DER), Net Profit Margin (NPM) secara simultan terhadap Return on Equity (ROE) di PT. Alkindo Naratama Tbk. Periode 2013-2022. Kerangka berfikir yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada teori apabila Debt to Equity Ratio (DER) mengalami peningkatan, maka ReturnoOn Equity (ROE) akan mengalami penurunan. Kemudian, jika variabel Net Profit Margin (NPM) mengalami kenaikan maka Return on Equity (ROE) akan mengalami kenaikan. Metodologu penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan metodologi kuantitatif. Analisis yang digunakan adalah Uji Asumsi Klasik, Analisis Korelasi Pearson Product Moment (PPM), Analisis Koefesien Determinasi dan Analisis Hipotesis (Uji t dan Uji f). Adapun pengolahan data menggunakan Software SPSS for Windows Version 26.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Debt to Equity Ratio (DER) secara parsial berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Return on Equity (ROE) dengan koefesien determinasi 25,2% dan thitung -1,641. Sedangkan, Net Profit Margin (NPM) secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap Return on Equity (ROE) dengan koefesien determinasi 85,5% dan thitung 6,875. Pada hal yang sama Debt to Equity Ratio (DER) dan Net Profit Margin (NPM) secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap Return on Equity (ROE) yakni fhitung 35,951 dan koefesien determinasi 91,1%, sisanya 8,9% merupakan presentase dari variable lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Debt to Equity Ratio (DER); Net Profit Margin (NPM); Return on Equity (ROE)
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Accounting
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Bunga Nurul Fadillah
Date Deposited: 17 Sep 2024 02:40
Last Modified: 17 Sep 2024 02:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98153

Actions (login required)

View Item View Item