Pemberdayaan masyarakat melalui Program Kampung Iklim(PROKLIM): Studi deskriptif RW 01 Kelurahan Rawasari, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat

Maajid, Ramadhannajib Syafiq (2024) Pemberdayaan masyarakat melalui Program Kampung Iklim(PROKLIM): Studi deskriptif RW 01 Kelurahan Rawasari, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (220kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)

Abstract

Program kampung iklim telah dilakukan oleh Indonesia sebagai salah satu upaya melakukan adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim. Program ini dilakukan dengan memberdayakan masyarakat, sehingga dampak negatif kerusakan lingkungan atas perubahan iklim dapat di mitigasi dan di adaptasi oleh masyarakat secara berkesinambungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembedayaan masyarakat melalui program Kampung Iklim, implementasi, dan keberhasilan yang dilakukan oleh para Stakeholder maupun masyarakat yang ikut terlibat secara aktif atau nyata dalam program ini. Sehingga, dapat berjalan dengan baik dan terarah. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori dari Ginanjar Kartasasmita (1996), bahwa pemberdayaan adalah suatu upaya untuk membangun daya dengan cara mendorong, memotivasi, dan membangkitkan kesadaran akan potensi yang dimilikinya serta berupaya untuk mengembangkannya, Mardikanto dan Soebiato (2015) tentang pemberdayaan dan Pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan diperlukan untuk menjaga agar manfaat dari sumber daya alam tersebut dapat dirasakan secara terus-menerus pada generasi yang akan datang untuk memperbaiki mutu atau kualitas hidup manusia, dan Sulistiyani (2004) dengan tahapan pemberdayaannya Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data-data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan kegiatan observasi dan wawancara dengan pihak terkait. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa program Kampung Iklim dijalankan cukup baik dengan terlaksananya berbagai macam kegiatan seperti pengelolaan sampah, penghijauan, dan Urban Farming. Sehingga, upaya adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim, mencegah kerusakan lingkungan, dan kemandirian pangan berjalan baik di masyarakat. Walaupun terdapat hambatan untuk menuju program di tingkat selanjutnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Lingkungan; Kampung Iklim
Subjects: Ecology
Personal Health, Hygiene > Environmental Factor
Environmental Protection Engineering
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ramadhannajib Syafiq Maajid
Date Deposited: 12 Sep 2024 02:56
Last Modified: 12 Sep 2024 02:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98182

Actions (login required)

View Item View Item