Ramadhani, Muhammad (2024) Strategi program Mutiara Hikmah terhadap minat pendengar di era digital: Penelitian di Radio Dakta 107 FM Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (223kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (32kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) |
Abstract
Di era digital saat ini persaingan antar stasiun radio di kota-kota besar cukup tinggi sehingga menarik perhatian masyarakat. Program radio hendaknya dikemas sedemikian rupa sehingga menarik perhatian dan dapat didengarkan oleh sebanyak mungkin orang. Program Mutiara Hikmah telah menjadi fokus utama dimana program ini mengudara setiap hari pada pukul 16:00-17:00 WIB dalam upaya meningkatkan jumlah pendengar. Program ini menghadirkan kajian mengenai berbagai pengetahun keislaman dan membahas masalah-masalah yang berkembang baik dalam bidang politik, hukum, dan sosial yang menyentuh kepentingan umat Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami strategi program yang digunakan program Mutiara Hikmah di Radio Dakta 107 FM Bekasi terhadap minat pendengar di era digital dengan mengetahui perencanaan, produksi, eksekusi, dan evaluasi program Mutiara Hikmah terhadap minat pendengar di era digital pada Radio Dakta 107 FM Bekasi. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang nantinya menjelaskan tentang hasil dari penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif untuk mengungkap peristiwa atau fakta berdasarkan keadaan dan kondisi di lokasi penelitian. Penelitian ini ditetapkan untuk memakai paradigma konstruktivisme dalam pengerjaannya. Dan Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi secara langsung di Radio Dakta 107 FM Bekasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Strategi Program dari Peter Pringle yang memfokuskan pada sebuah perencanaan, produksi, eksekusi, dan evaluasi pada sebuah program siaran. Teori ini dinilai cukup relevan dengan penelitian dan membantu peneliti dalam mengembangkan pembahasan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian menemukan bahwa, pertama, pada perencanaan program Mutiara Hikmah di Radio Dakta 107 FM Bekasi ini tim akan mengadakan agenda meeting program yang dilaksanakan minimal satu minggu satu kali. Kedua, Radio Dakta 107 FM Bekasi dalam memproduksi program Mutiara Hikmah akan menyesuaikan dengan hasil rapat yaitu menggunakan format dialog atau talkshow. Ketiga, dalam pelaksanaannya, program Mutiara Hikmah disiarkan pada waktu afternoon drive (16.00-17.00), dengan penyesuaian terhadap kebutuhan pendengar dan penyiar serta sistem penyiaran yang telah dibahas dalam briefing pra-siaran untuk menghindari kesalahpahaman atau kesalahan teknis selama siaran. Keempat, Evaluasi menyeluruh biasanya dilakukan setiap minggu atau sebulan sekali, sementara tim perencanaan dan evaluasi selalu melakukan pengawasan setiap kali program disiarkan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Era Digital; Mutiara Hikmah; Strategi Program |
Subjects: | Communications Telemunications > Radio Broadcasting |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Muhammad Ramadhani |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 06:36 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 06:36 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98242 |
Actions (login required)
View Item |