Hubungan keterampilan argumentasi ilmiah dan keterampilan berpikir tingkat tinggi menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantu media kartu berpasangan pada materi sistem reproduksi

Qurrotu'ainii, Mariyah (2024) Hubungan keterampilan argumentasi ilmiah dan keterampilan berpikir tingkat tinggi menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantu media kartu berpasangan pada materi sistem reproduksi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (290kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)

Abstract

Rendahnya tingkat keterampilan argumentasi ilmiah siswa di Indonesia yang merupakan fondasi penting dalam mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi untuk memecahkan sebuah masalah yang kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan serta tingkat keereatannya antara keterampilan argumentasi ilmiah dan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Penelitian menggunakan metode deskriptif korelasional dan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian berupa lembar observasi, wawancara, soal tes keterampilan argumentasi ilmiah dan keterampilan berpikir tingkat tinggi yang diujikan kepada 35 siswa pada kelas 11 memperoleh hasil keterampilan argumentasi ilmiah pada seluruh sampel sebesar 62,88 termasuk kategori baik dan keterampilan berpikir tingkat tinggi sebesar 83,88 termasuk kategori sangat baik. Hasil uji korelasi pearson memperoleh nilai 0,812 dengan signifikansi 0,000<0,05 disimpulkan bahwa keterampilan argumentasi ilmiah memiliki hubungan yang sangat kuat terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Uji determinasi pada penelitian korelasi ini memperoleh nilai sebesar 66%, sehingga terdapat 44% faktor lain yang mempengaruhi keterampilan argumentasi ilmiah. Penelitian ini memiliki hasil bahwa penggunaan media couple card dalam model pembelajaran berbasis masalah dapat menjadi pendekatan yang efektif untuk meningkatkan keterampilan argumentasi ilmiah dan berpikir tingkat tinggi siswa, sehingga memiliki implikasi yang signifikan bagi pengembangan kurikulum dan praktik pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: : Scientific Argumentation Skills; Higher Order Thinking Skills; Problem Based Learning
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Mariyah Ainii
Date Deposited: 12 Sep 2024 06:25
Last Modified: 12 Sep 2024 06:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98248

Actions (login required)

View Item View Item