Qurrotu'ainii, Mariyah (2024) Hubungan keterampilan argumentasi ilmiah dan keterampilan berpikir tingkat tinggi menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantu media kartu berpasangan pada materi sistem reproduksi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Cover.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (290kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (553kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (481kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) |
Abstract
Rendahnya tingkat keterampilan argumentasi ilmiah siswa di Indonesia yang merupakan fondasi penting dalam mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi untuk memecahkan sebuah masalah yang kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan serta tingkat keereatannya antara keterampilan argumentasi ilmiah dan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Penelitian menggunakan metode deskriptif korelasional dan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian berupa lembar observasi, wawancara, soal tes keterampilan argumentasi ilmiah dan keterampilan berpikir tingkat tinggi yang diujikan kepada 35 siswa pada kelas 11 memperoleh hasil keterampilan argumentasi ilmiah pada seluruh sampel sebesar 62,88 termasuk kategori baik dan keterampilan berpikir tingkat tinggi sebesar 83,88 termasuk kategori sangat baik. Hasil uji korelasi pearson memperoleh nilai 0,812 dengan signifikansi 0,000<0,05 disimpulkan bahwa keterampilan argumentasi ilmiah memiliki hubungan yang sangat kuat terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Uji determinasi pada penelitian korelasi ini memperoleh nilai sebesar 66%, sehingga terdapat 44% faktor lain yang mempengaruhi keterampilan argumentasi ilmiah. Penelitian ini memiliki hasil bahwa penggunaan media couple card dalam model pembelajaran berbasis masalah dapat menjadi pendekatan yang efektif untuk meningkatkan keterampilan argumentasi ilmiah dan berpikir tingkat tinggi siswa, sehingga memiliki implikasi yang signifikan bagi pengembangan kurikulum dan praktik pembelajaran di sekolah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | : Scientific Argumentation Skills; Higher Order Thinking Skills; Problem Based Learning |
Subjects: | Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mariyah Ainii |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 06:25 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 06:25 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98248 |
Actions (login required)
View Item |