Perbandingan kemampuan literasi siswa antara model pembelajaran Children Learning In Science dengan model Discovery Learning pada materi ekosistem

Fadila, Dila Nur (2024) Perbandingan kemampuan literasi siswa antara model pembelajaran Children Learning In Science dengan model Discovery Learning pada materi ekosistem. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)

Abstract

Literasi sains merupakan aspek berpikir tingkaat tinggi yang dapat menunjang penguasaan science dan technology pada Abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk menganalis perbedaan kemampuan literasi sains siswa antara model pembelajaran children learning in science dengan model discovery learning pada materi ekosistem. Jenis penelitian ini menggunakan Weak Eksperimen dengan desain penelitian Comparison Group Design. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, soal tes uraian yang dibuat berdasarkan indikator literasi sains, dan lembar angket respon siswa. Keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa secara keseluruhan pada model pembelajaran CLIS maupun DLmencapai kriteria sangat baik pada setiap pertemuan. Peningkatan kemampuan literasi sains siswa pada kelas CLIS diperoleh N-Gain sebesar 0,60 berkriteria sedang. Kelas DL diperoleh N-Gain sebesar 0,51 berkriteria sedang. Hasil uji t test menunjukkan nilai sig.(2 tailed) 0,000 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi sains siswa dengan model CLIS lebih baik dari pada literasi sains siswa dikelas dengan model pembelajaran DL pada materi ekosistem.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: children learning in science; discovery learning; literasi sains; ekosistem
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Nur Fadila Dila
Date Deposited: 13 Sep 2024 07:41
Last Modified: 13 Sep 2024 07:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98310

Actions (login required)

View Item View Item