Fadila, Dila Nur (2024) Perbandingan kemampuan literasi siswa antara model pembelajaran Children Learning In Science dengan model Discovery Learning pada materi ekosistem. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Cover.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (335kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (502kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (471kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (413kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) |
Abstract
Literasi sains merupakan aspek berpikir tingkaat tinggi yang dapat menunjang penguasaan science dan technology pada Abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk menganalis perbedaan kemampuan literasi sains siswa antara model pembelajaran children learning in science dengan model discovery learning pada materi ekosistem. Jenis penelitian ini menggunakan Weak Eksperimen dengan desain penelitian Comparison Group Design. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, soal tes uraian yang dibuat berdasarkan indikator literasi sains, dan lembar angket respon siswa. Keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa secara keseluruhan pada model pembelajaran CLIS maupun DLmencapai kriteria sangat baik pada setiap pertemuan. Peningkatan kemampuan literasi sains siswa pada kelas CLIS diperoleh N-Gain sebesar 0,60 berkriteria sedang. Kelas DL diperoleh N-Gain sebesar 0,51 berkriteria sedang. Hasil uji t test menunjukkan nilai sig.(2 tailed) 0,000 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi sains siswa dengan model CLIS lebih baik dari pada literasi sains siswa dikelas dengan model pembelajaran DL pada materi ekosistem.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | children learning in science; discovery learning; literasi sains; ekosistem |
Subjects: | Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nur Fadila Dila |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 07:41 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 07:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98310 |
Actions (login required)
View Item |