Peranan sekolah keluarga dalam meningkatkan pengetahuan pola asuh pada keluarga muslim : Studi deskriptif di Pusat Pembelajaran keluarga Kota Bandung.

Hardini, Azzah (2024) Peranan sekolah keluarga dalam meningkatkan pengetahuan pola asuh pada keluarga muslim : Studi deskriptif di Pusat Pembelajaran keluarga Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (429kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)

Abstract

Pola asuh merupakan bagian penting dalam memenuhi hak dasar anak. Penelitian peranan Sekolah keluarga bertujuan untuk mengkaji peranan program Sekolah Keluarga yang diselenggarakan oleh Pusat Pembelajaran Keluarga di Kota Bandung, dalam meningkatkan pengetahuan pola asuh orang tua pada keluarga muslim. Penelitian Peranan Sekolah Keluarga bertujuan untuk mendeskripsikan cara program sekolah keluarga di Pusat Pembelajaran Keluarga, menganalisis bagaimana pelaksanaan Sekolah Keluarga di Pusat Pembelajaran Keluarga Kota Bandung, dan mengetahui pengetahuan pola asuh orang tua peserta Sekolah Keluarga. Latar belakang penelitian adalah pentingnya peran orang tua dalam membentuk kepribadian anak melalui pola asuh yang baik dan tepat sejak dini, serta perlunya dukungan dari berbagai pihak untuk mendukung peran tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah orang tua peserta program Sekolah Keluarga di Pusat Pembelajaran Keluarga Kota Bandung. Penelitian peranan Sekolah Keluarga menggunakan teori pola asuh orang tua yang baik dan benar sesuai nilai-nilai Islam seperti teori keterikatan (attachment theory) dan teori operant conditioning. Program sekolah keluarga membantu mendidik orang tua tentang berbagai aspek penting dalam pengasuhan anak, seperti peran orang tua dalam mengembangkan kepribadian anak, strategi komunikasi yang efektif dengan anak, dan menciptakan lingkungan rumah yang mendukung tumbuh kembang anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program sekolah keluarga berdampak positif terhadap peningkatan pengetahuan dan pemahaman orang tua terhadap pola pengasuhan orang tua yang sejalan dengan nilai-nilai Islam. Melalui program tersebut, orang tua belajar tentang pentingnya peran orang tua dalam membesarkan anak, strategi komunikasi yang efektif dengan anak, dan cara menciptakan lingkungan rumah yang harmonis yang mendukung tumbuh kembang anak. Hasil penelitian menyoroti pentingnya inisiatif pemerintah pada sekolah keluarga dalam mendukung pengembangan pola pengasuhan anak yang sehat dan positif dalam keluarga muslim.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sekolah Keluarga; Kemampuan Pola Asuh; Keluarga Muslim
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: azzah azzah azzah
Date Deposited: 13 Sep 2024 02:08
Last Modified: 13 Sep 2024 02:08
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98352

Actions (login required)

View Item View Item