Rusmana, Agus (2008) Respons siswa terhadap kepribadian guru hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian di SMPN 1 Jatinangor Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (8MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (14MB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (LAMPIRAN)
9_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (17MB) |
Abstract
Kepribadian guru adalah sangat penting, seorang guru memiliki sikap yang dapat mempribadi sehingga dapat dibedakan ia dengan guru yang lain. Memang, kepribadian menurut Zakiah Darajat disebut sebagai sesuatu yang abstrak, sukar dilihat secara nyata, hanya dapat diketahui lewat penampilan, tindakan, dan atau ucapan ketika menghadapi suatu persoalan. Kepribadian mencakup semua unsur, baik fisik maupun psikis. Sehingga dapat diketahui bahwa setiap tindakan dan tingkah laku seseorang merupakan cerminan dari kepribadian seseorang, selama hal tersebut dilakukan dengan penuh kesadaran. Setiap perkataan, tindakan, dan tingkah laku positif akan meningkatkan citra diri dan kepribadian seseorang. Dengan demikian tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui respons siswa terhadap kepribadian guru, untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan untuk mengetahui hubungan diantara keduanya. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VII F SMPN l Jatinangor Sumedang yang berjumlah 65 orang sebagai sampel penelitiannya. Penelitian ini bertolak dari motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam salah satu faktor yang mempengaruhi adalah respons siswa terhadap kepribadian guru. Hal ini didasarkan bahwa motivasi itu muncul karena dilatar belakangi oleh latar pengetahuan seseorang, latar pengetahuan seseorang itu muncul karena adanya respons positif siswa terhadap kepribadian guru. Untuk membuktikan hipotesis tersebut diadakan penelitian dengan menggunakan metode deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui angket, observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Kemudian analisis datanya menggunakan analisis parsial dan korelasioner. Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa realitas respons siswa terhadap kepribadian guru termasuk kategori cukup dengan nilai rata-ratanya mencapai 3,4, adapun hasil pengujian normalitasnya menunjukkan distribusi normal dengan data Chi kuadrat hitung 5,77<Chi kuadrat tabel (9,49). Sedangkan realitas motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam termasuk kategori tinggi dengan nilai rata-ratanya mencapai 3,6, adapun pengujian normalitasnya menunjukkan distribusi normal dengan data Chi kuadrat hitung 5,39 < Chi kuadrat tabel (9,49). Kemudian realitas hubungannya ditentukan dengan korelasi Product Moment dengan diperoleh angka sebesar 0,70, angka tersebut apabila diidentifikasikan ke dalam skala konservatif termasuk kategori cukup karena berada diantara 0,41-0,70. Dan dalam penentuan pengujian hipotesis berdasarkan perhitungan didapatkan yaitu nilai t hitung 7,78 > t tabel 1,669, yang menunjukkan hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak. Sedangkan kadar pengaruhnya sebesar 29%. Hal ini berarti, bahwa pengaruh dari faktor-faktor lainnya masih lebih besar yaki sebesar 71%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan; Komunikasi; Karakter |
Subjects: | Conscious Mental Process and Intelligence > Communication Psychology Differential and Developmental Psychology > Individual Psychology, Characters Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | PKL1 Uninus |
Date Deposited: | 26 Sep 2024 01:31 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 01:31 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98403 |
Actions (login required)
View Item |